Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Joko Susanto

Kajian Ringan Penyejuk Iman Tentang Kepedulian Sosial

Agama | Sunday, 16 Jul 2023, 06:14 WIB

Menuntut ilmu memiliki kedudukan sangat mulia dalam Islam. Musholla Al-Ikhlas Griya Kebon Agung Sukodono Sidoarjo mempunyai cara tersendiri untuk merawat semangat berilmu bagi segenap jamaahnya. Caranya yaitu dengan mengadakan Kajian Ringan Penyejuk Iman. Acara dilaksanakan setiap Ahad bakda Sholat Subuh. Takmir yang dikomandani ustadz Anang Sudi Ahmad pun tidak lupa menyediakan kopi panas dan camilan ringan. Penceramah berbeda tiap pekannya.

Ahad 16 Juli 2023, ustadz Zainul Muhibbin M.Fil.I berkenan mengisi kajian dengan tema kepedulian sosial. Wabil khusus sebagai tafsir Qur'an Surat Al-Balad ayat 11 s.d 20.

Sebagian jamaah Mushola Al Ikhlas Sidoarjo yang mengikuti acara penyejuk iman

Allah SWT bersumpah dengan negeri Mekkah yang di dalamnya ada Ka'bah.

Manusia itu susah payah. Kalau berhasil tidak boleh merasa hal itu karena kepintaran manusia atau semata-mata atas usahanya tetapi karena anugerah Allah SWT. Kita tidak boleh sombong atas kesuksesan itu.

Ada dua jalan yaitu jalan kebenaran dan kebathilan. Ada kiasannya yaitu jalan mendaki lagi sulit, ada persoalan yang sulit tetapi harus diselesaikan. Caranya yaitu melepaskan perbudakan atau memberi makan saat kelaparan, peduli anak yatim dan miskin yang fakir. Orang beriman itu saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

Zaman dahulu di Arab sebelum datang Islam, ada salah kaprah, kesalahan yang dibiasakan. Untuk mengubahnya awalnya cukup sulit. Misalnya minum minuman keras alias mabuk. Perbudakan abad VI tidak hanya terjadi di kawasan Arab, tetapi di Eropa lebih parah

Masalah budak sebagai sanksi hukum yaitu dengan memerdekakan.

Turunnya hukum Islam ini modern sebagai solusi dengan cara halus. Tujuannya yaitu agar sistem perbudakan sedikit demi sedikit hilang dari muka bumi.

Di luar itu, Rasulullah SAW dalam sebuah hadits berpesan untuk memerdekakan budak. Pahalanya sangat besar bagi orang yang dengan ikhlas memerdekakan budak yaitu diampuni dosa-dosa anggota tubuhnya sehingga sebagai puncaknya yaitu terbebas dari neraka.

Kepedulian sosial sangat diperintahkan dalam Islam. Hal ini sebagai perintah yang kuat. Orang-orang beriman yang peduli sosial dan saling berwasiat dalam kasih sayang (marhamah) maka mereka adalah golongan kanan, golongan yang masuk surga. Semoga kita termasuk golongan kanan ini sehingga diridhoi Allah SWT. Amiin Ya Robbal Aalamiin. (Joko Susanto, Sidoarjo)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image