Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Maria

Ayo, Gerak Jangan Mager

Gaya Hidup | Friday, 14 Jul 2023, 21:44 WIB
www.pexels.com

Ayo, Gerak Jangan Mager

Seringkali kita mendengar kata ”mager”, atau bahkan pernah menggunakan kata kata “mager” ini, apakah anda tahu apa arti kata dari “mager”? Ya kata mager berasal dari kepanjangan males gerak, kata mager ini di gunakan sebagai alasan ketika seseorang malas melakukan aktifitas, dari aktifitas ringan sampai aktifitas berat, saya ambil contoh aktifitas ringan seperti, mager ketika akan melakukan aktifitas mandi, males mandi biasanya di lakukan ketika tidak ada aktifitas di luar rumah seperti aktifitas sekolah, kerja, dan lain sebagainya, terkadang males mandi juga menjadi kebiasaan gaya hidup/habbit.

Ada beberapa hal yg melandasi seseorang mager antara lain, Aktifitas seseorang yang membuat nyaman dan asyik, seperti aktifitas sedang asyik rebahan sambil bermain gadget, aktifitas asyik dengan bermain game, hal ini menyebabkan seseorang malas dan lupa waktu. Mager yang di landasi karena semakin canggihnya tehnologi yang semua bisa di lakukan hanya lewat gadget, seperti contoh dengan mudahnya seseorang untuk mendapatkan makanan tanpa perlu keluar rumah untuk mencari , dan masih banyak lagi jasa jasa yang lain yang bisa di pesan melalui gadget dan aplikasi.

Mager yang di sebabkan karena sedang keadaan kurang enak badan, yang membuat seseorang tidak nyaman untuk melakukan aktifitas dan butuh istirahat. Hal ini dapat di maklumi ketika dalam keadaan sedang kurang enak badan, seseorang tidak melakukan aktifitas seperti biasanya. Mager ketika wanita sedang PMS ( Pra Mensturasi syndrome) hal ini di sebabkan karena perubahan hormon pada wanita. Mager ketika sedang ada masalah, sedang galau, atau sedang sedih, hal ini di sebabkan karena keadaan dan emosi yang sedang tidak stabil.

Mager karena kurangnya istirahat, seperti begadang, yang menyebabkan seseorang malas melakukan aktifitas. Mager karena bosan dengan kegiatan yang sama, terulang terus menerus tidak ada kegiatan baru. Mager membawa dampak negatif seperti, menjadikan kegiatan ini sebagai hal biasa atau gaya hidup karena terlalu terlena dengan kenyamanan, mager tidak baik untuk kesehatan dan beresiko terkena penyakit karena kurang nya tubuh bergerak, mager juga dapat menghambat seseorang untuk menjadi tidak produktif dan kreatif, menghambat seseorang untuk menjadi sukses.

Setelah mengetahui penyebab mager dan dampak negatife dari mager mulai saat ini ayo, bergerak jangan mager, bergerak untuk melawan rasa mager, bergerak untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk melawan mager antara lain, mulailah dengan tekat untuk memperbaiki diri, dengan membuat jurnal harian,kegiatan apa saja yang perlu dan harus di perbaiki, mengevaluasi diri kegiatan apa saja yg sudah di lakukan dalam sehari.

Melakukan kegiatan baru atau mengikuti komunitas sesuai dengan passion diri sendiri, yang dapat membawa kebahagiaan dan manfaat, melakukan olah raga ringan sepeti berjalan santai di komplek perumahan pada saat pagi atau sore hari, kegiatan ini selain tubuh menjadi bugar dapat membawa kebahagiaan mungkin kita dapat bertemu dengan tetangga atau teman yang sudah lama tidak bertemu. Melakukan aktifitas dengan mendengarkan lagu yang di sukai.

Memberikan reward atau penghargaan pada diri sendiri ketika telah mampu melakukan perubahan. Jadi apakah kalian sudah mengetahui apa penyebab mager, dampak negatif dari mager, dan hal apa saja yang bisa di lakukan ketika mager. Ayo mulai sekarang gerak jangan mager.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image