Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

3 Tips Sejuta Manfaat, Bikin Kualitas Tidur Anak Meningkat!

Parenting | Friday, 14 Jul 2023, 15:36 WIB

TANGSEL - Ibu mana yang tidak bahagia jika memiliki anak yang memiliki waktu tidur yang cukup. Sejak pertama lahir hingga enam bulan pertama, si kecil butuh waktu tidur 16-18 jam per hari. Setelah masuk usia ke-7 bulan biasanya durasinya berkurang 14-16 jam. Namun, beberapa anak cukup kesulitan memiliki pola dan durasi tidur yang stabil.

Doc by Rabiatul Adawiyah / PT Rumbaka

Meningkatkan kualitas tidur anak memang tidak mudah apalagi di usia menjelang 1 tahun, saat jam tidur tiba anak sering menolak untuk tidur dan berakhir pada pola yang berantakan. Apabila terus menerus terjadi, hal ini akan berdampak serius pada tumbuh kembangnya. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur si kecil?

1. Membuat Pola Tidur yang Konsisten

Rutinitas dapat membantu meningkatkan kedisiplinan anak, agar anak mengerti kapan waktunya ia harus tidur. Aktivitas sehari-hari yang terbentuk pada anak akan mengurasi rasa gelisah dan memberi rasa aman pada anak. Bahkan, si kecil bisa menyimpan kebiasaan itu dalam memori otaknya. Jadwal yang teratur bisa diterapkan pada tidur siang dan tidur malam, dan moms harus tetap menjaga pola tidur si kecil agar tetap konsisten.

2. Pastikan Ruang Tidur yang Nyaman dan Tenang

Anak yang merasa aman akan memiliki ikatan kuat dengan orangtuanya, sehingga hal itu bisa menciptakan anak tidur dengan rasa nyaman. Saat masuk jam tidur si kecil, usahakan menciptakan ketenangan di dekat anak, bisa dengan memutarkan lagu yang menenangkan untuk membantu si kecil tidur terlelap dan membantu mama mendapat kualitas tidur yang cukup.

Tak hanya itu, kondisi kamar harus terbebas dari nyamuk dan tetap perhatikan pencahayaan serta suhu ruangan. Saat siang hari, Anda bisa pastikan minimnya sinar matahari yang masuk ke ruangan dan saat malam hari bisa memilih lampu dengan cahaya yang redup.

3. Anak Tidur dalam Keadaan Kenyang

Sebelum tidur, Anda harus memastikan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi, seperti makan dan minum sebelum tidur agar anak tidak merasa lapar saat tidur dan membuatnya terbangun saat tengah malam. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan ASI atau susu di malam hari sebelum tidur.

Waktu tidur yang berkualitas sangat berperan bagi pertumbuhan si kecil, karena saat tidur terjadi proses perbaikan sel-sel dan pengeluaran hormon pertumbuhan yakni hormon kortisol. Tak hanya itu, manfaat lainnya berguna bagi sistem imun si kecil karena anak rentan terkena penyakit.

Perlu diketahui, salah satu kunci ibu yang ingin anaknya memiliki kualitas tidur yang baik dapat memanfaatkan susu Urra yang punya kandungan zat besi, yakni melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh dan menjaga kualitas tidur si kecil.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image