Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Haayah

Siapakah Orang Paling Sukses di Antara Kita?

Agama | Friday, 14 Jul 2023, 14:10 WIB

Menurutmu apa sih definisi sukses yang sesungguhnya? Apakah memiliki uang banyak dan anak-anak yang tampan dan cantik? Kehidupan yang glamour? Pasangan yang rupawan? Diterima dan lulus di PTN yang bergengsi? Atau kamu memiliki definisi yang lainnya perihal sukses? Jika kamu bertanya kepadaku tentang definisi sukses, aku akan menjawab dengan senang hati

Kamu ingin tahu?

Sukses menurut ku adalah ia yang tetap memanjangkan sujud nya dengan do’a meski ia dalam kehidupan yang bahagia. Ia yang tetap bersimpuh meminta ampun kepada Rabb-nya meski ia sudah hidup berkecukupan. Ia yang tak lekas berdiri setelah sholatnya namun memanjatkan do’a kepada Sang Ilahi meski ia tidak dalam kesusahan. Karena berapa banyak orang yang melupakan Rabb nya dalam keadaan suka namun ingat tentang-Nya dalam keadaan sukar.

Padahal, keadaan yang sedang menimpa kita baik suka maupun duka adalah scenario hidup yang telah Allah susun sebaik mungkin bagi setiap hamba-Nya. Jika kita selalu ingin bahagia, maka tak akan ada rasa pahit di dunia ini. Sebab semua yang berada di dunia ini pasti bergulir, ada manis tentu ada pahit, ada bahagia dan juga sedih, ada luka lalu tiba sembuh, ada terbit kemudian terbenam. Semua harus beredar dalam porosnya.

Bagaimanapun kondisi mu, ingatlah. Allah tidak membutuhkan kita, tapi kita pasti membutuhkan Allah dalam setiap kondisi dan keadaan. Mungkin kau merasa sudah sukses di dunia ini karena memiliki segalanya, tapi apakah kau yakin kau juga akan sukses di akhirat? Apakah kau yakin kau juga akan sukses menjawab 3 pertanyaan malaikat yang menurutmu ini pertanyaan sepele, tapi di hari itu adalah pembuktian akan keimanan dirimu, apakah kau yakin kau dapat menginjakkan kakimu di surga-Nya kelak?

Apakah kau yakin?

Tentu semua dari kita tak yakin akan hal itu, maka tidak sepatutnya kita lalai akan kebutuhan kita untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Jika perutmu yang keroncongan saja kau dengan segera mengisinya dengan makanan yang masuk dari mulutmu, bagaimana dengan hatimu yang kesepian karena jarang diisi dengan tilawah al-qur’an?

Yuk, jangan lupa untuk mengucapkan do’a ini seusai sholatmu,

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka” (QS. al-Baqarah : 201)

Belum terlambat untuk berubah menjadi lebih baik, ambil wudhumu dan sholatlah dengan khusyu’, langitkan do’amu agar kau menjadi orang yang sukses di dunia maupun di akhirat, jangan menunggu malaikat maut menjemputmu dan mengatakan perjuanganmu di dunia telah usai, dan kau menyadari bahwa kau telah merugi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image