Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

Pembinaan Karakter dan Potensi Murid melalui Pentas Seni

Guru Menulis | Friday, 14 Jul 2023, 10:42 WIB
Pentas Seni di SMP Muhammadiyah 3 Depok (Dok. Pribadi)

Pentas seni merupakan sarana yang sangat penting dalam pembinaan karakter dan potensi bakat murid. Melalui gelar karya atau pentas seni, murid memiliki kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka secara kreatif, mengembangkan kepercayaan diri, berkolaborasi dengan orang lain, dan mengeksplorasi berbagai aspek seni yang meliputi musik, tari, teater, seni rupa, dan lain sebagainya. Hal inilah yang mendasari SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman menggelar Inaugurasi dalam bentuk unjuk bakat dan pentas seni sebagai kegiatan penutup Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2023/2024.

Ekspresi Diri

Inaugurasi dalam bentuk pentas seni ini memberikan kesempatan kepada murid untuk mengekspresikan diri mereka melalui berbagai bentuk seni. Dalam proses ini, mereka belajar mengenali dan memahami perasaan, emosi, dan ide-ide mereka sendiri. Melalui ekspresi diri, murid dapat mengungkapkan pemikiran, keinginan, dan pengalaman mereka kepada orang lain. Banyak penampilan yang tersaji diantaranya menyanyi, drama musikal, tari, hingga persembahan-persembahan lainnya.

Pengembangan Kepercayaan Diri

Melalui partisipasi dalam pentas seni, murid dapat mengembangkan kepercayaan diri mereka. Mereka belajar berani tampil di depan orang lain, menghadapi rasa gugup, dan memperoleh pengakuan dan apresiasi atas karya atau pertunjukan mereka. Pengalaman ini memberikan dorongan positif bagi murid untuk menghadapi tantangan di kehidupan sehari-hari. Program inaugurasi ini menjadi sarana mewadahi murid untuk berani menampilkan bakat dan potensi yang mereka memiliki.

Penampilan Seni Kolaborasi Kelas di SMP Muhammadiyah 3 Depok (Dok. Pribadi)

Kolaborasi dan Komunikasi

Malului inaugurasi dan pentas seni, murid didorong untuk bekerja sama dengan orang lain dalam tim. Mereka belajar menghargai peran masing-masing, berbagi ide, dan mengatasi konflik. Kolaborasi dalam seni juga mengajarkan keterampilan komunikasi yang efektif, seperti mendengarkan, menyampaikan ide dengan jelas, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Keterampilan ini sangat penting dalam pembinaan karakter dan membantu murid berinteraksi dengan baik dalam kehidupan sosial mereka. Dalam kesempatan ini, fasilitator dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ranting SMP Muhammadiyah 3 Depok dan guru pamong yang mendampingi dan menguatkan kolaborasi di kelas.

Penghargaan atas Karya dan Upaya

Melalui inaugurasi, murid belajar menghargai kerja keras, dedikasi, dan disiplin dalam mengembangkan karya seni mereka. Mereka menyadari bahwa setiap hasil yang baik membutuhkan waktu, latihan, dan pengorbanan. Penghargaan atas karya dan upaya ini memupuk rasa tanggung jawab, ketekunan, dan rasa kemandirian pada diri murid. Dalam kesempatan inaugurasi ini, diberikan reward berupa pengharagaan untuk penampilan-penampilan terbaik. Hadiah yang diberikan tidak diberikan secara individu saja tetapi juga untuk kelas agar dapat saling dinikmati bersama sebagai kesuksesan bersama.

Pengembangan Potensi Bakat

Pentas seni memungkinkan murid untuk mengembangkan potensi bakat mereka secara maksimal. Melalui latihan, pengalaman panggung, dan umpan balik dari guru dan penonton, mereka dapat terus meningkatkan kualitas dan keterampilan seni mereka. Pentas seni juga memberikan kesempatan bagi murid untuk mengeksplorasi berbagai bentuk seni dan menemukan minat atau bakat yang mungkin belum mereka sadari sebelumnya.

Pembelajaran Holistik

Pentas seni melibatkan keseluruhan individu, termasuk aspek fisik, mental, emosional, dan spiritual. Melalui gelar karya, murid belajar mengintegrasikan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang mereka peroleh dalam proses pembelajaran. Hal ini membantu dalam pengembangan holistik murid dan memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan pemahaman mereka ke dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa pentas seni dan gelar karya memiliki urgensi yang besar dalam pembinaan karakter dan potensi bakat murid. Melalui ekspresi diri, pengembangan kepercayaan diri, kolaborasi, penghargaan, pengembangan potensi bakat, dan pembelajaran holistik, murid dapat mengembangkan diri mereka secara optimal. Oleh karena itu, pentas seni dan gelar karya harus diberikan perhatian yang cukup dalam kurikulum pendidikan untuk mengoptimalkan potensi dan karakter murid. Kegiatan semacam ini sebaiknya dilaksanakan rutin untuk memberikan wadah apresiasi bagi murid dan sarana kolaborasi seluruh warga sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image