Spesies Manusia 'Orang Luar' Purba Ditunjukkan dalam Studi Genetika Terlama

Sejarah | Friday, 14 Jul 2023, 07:34 WIB
Paranthropus robustus skull (Science Alert/SSDarindo)

Para peneliti berhasil memprediksi hubungan genetik yang luar biasa antara beberapa hominin paling awal yang hidup di planet Bumi, menggunakan sedikit lebih dari beberapa protein yang diambil dari fosil gigi berusia 2 juta tahun. Tim yang sebagian besar berasal dari University of Copenhagen di Denmark dan University of Cape Town di Afrika Selatan, mengatakan bahwa analisis tersebut akan sangat berguna dalam melacak silsilah keluarga manusia yang jauh.

“Hubungan evolusioner di antara taksa hominin Afrika yang telah punah sangat diperdebatkan dan sebagian besar belum terselesaikan, sebagian karena kurangnya data molekuler. Bahkan dalam taksa, tidak selalu jelas, berdasarkan morfologi saja, apakah kisaran variasi disebabkan oleh dimorfisme seksual versus keragaman taksonomi yang berpotensi tidak terdeskripsikan,” tulis para peneliti.

Mengutip dari Science Alert, penelitian ini akan membantu ahli paleoantropologi memetakan perbedaan mana dalam catatan fosil hingga ke variasi alami antara pria dan wanita (dimorfisme seksual), dan yang menandakan spesies hominid yang terpisah sama sekali. Dalam rentang waktu ribuan dan jutaan tahun, menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sama sekali tidak mudah. Molekul DNA rapuh, cenderung cepat hancur. DNA nuklir dari sisa-sisa hominin berusia 430.000 tahun telah diuraikan, namun prosesnya sendiri jauh dari produktif

Protein bisa menjadi sedikit lebih kuat, dan urutan asam aminonya dapat diterjemahkan kembali menjadi kode genetik yang mungkin menghasilkannya. Meskipun jauh dari tepat, itu bisa berfungsi sebagai proksi yang masuk akal untuk memperkirakan hubungan genetik di mana gen itu sendiri tidak dapat dibaca. Dalam hal ini data ditafsirkan enamel pada gigi yang ditemukan dari gua Swartkrans, sebuah situs penting untuk bahan arkeologi sekitar 40 kilometer (25 mil) di barat laut Johannesburg. Mereka dianggap milik kerabat kuno kita, Paranthropus robustus.

Dengan memeriksa silang hasilnya dengan informasi DNA dari fosil lain dan hominid masa kini – dari orangutan hingga manusia – para peneliti dapat secara tentatif menunjukkan bahwa Paranthropus robustus mewakili "kelompok luar" (seperti sepupu jauh) ke garis evolusi. yang mencakup Homo sapiens, Neanderthal, dan Denisovans. Banjir bandang di daerah yang gersang menyebabkan gigi-gigi ini terkubur dan terawetkan dengan baik, tim melaporkan. Itu mungkin membatasi berapa banyak fosil lain yang dapat kita temukan seperti ini, tetapi teknik yang digunakan di sini juga harus dapat diterapkan di tempat lain.

“Studi ini menunjukkan kelayakan memulihkan protein enamel hominin Pleistosen Awal yang informatif dari Afrika. Kami mengantisipasi bahwa pendekatan ini dapat diterapkan secara luas ke situs yang sebanding secara geologis di Afrika Selatan, dan mungkin lebih luas di seluruh benua, " tambah para peneliti.***