Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image siti suryani

Mewaspadai TPPO di Dunia Pendidikan

Agama | Wednesday, 12 Jul 2023, 23:07 WIB

Mewaspadai TPPO di Dunia Pendidikan

Magang merupakan salah satu program pembelajaran yang langsung dilakukan di tempat kerja dengan memberi kesempatan kepada seorang siswa atau mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dalam kurun waktu tertentu. Magang biasa diberlakukan kepada murid SMK atau mahasiswa. Pada saat seorang magang dengan melakukan pekerjaan layaknya karyawan sambil didampingi dan dibimbing oleh seorang yang mahir pada pekerjaan yang sedang dipelajari.

Selain memiliki tujuan mengembangkan kompetensinya didunia kerja secara langsung, , magang juga bermanfaat bagi masa depan siswa atau mahasiswa khususnya saat menghadapi dunia kerja. Kegiatan magang yang dilakukan siswa atau mahasiswa memberi kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja secara profesional.

Dalam pelaksanaan magang, pelajar ataupun mahasiswa layaknya dianggap sebagai karyawan yang harus melakukan tugas sesuai pekerjaan yang diberikan dimana mereka magang. Mengenai penghonoran sekolah atau kampus tidak menuntut kepada pihak yang menerima mereka magang, semua dikembalikan kepada kebijakan perusahaan.

Tempat magang bukan hanya didalam negeri, bahkan luar negeri seperti negara Jepang, menjadi negara yang menerima pelajar atau mahasiswa yang berminat magang ke luar negeri. Biasanya untuk ditempatkan di luar negeri akan dipilih yang terbaik. Namun kesempatan baik bagi pelajar dan mahasiswa ini kadang disalahgunakan beberapa oknum untuk mencari keuntungan.

Dilansir dari Liputan6.com, bahwa Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) telah mengungkap atas kasus perdagangan orang dengan modus program magang ke luar negeri Jepang, dengan korban adalah mahasiswa. Dua orang diduga tersangka diamankan polisi, dalam kasus ini.

Terungkapnya kasus ini diawali laporan dari korban berinisial ZA dan FY kepada pihak KBRI Tokyo, Jepang. Dalam laporanya dinyatakan bahwa korban bersama sembilan orang mahasiswa dikirimkan oleh Politeknik untuk melaksanakan magang di perusahaan Jepang. Akan tetapi, ternyata para mahasiswa yang menjadi korban tersebut dipekerjakan sebagai buruh.

Tidak hanya dipekerjakan sebagai buruh para mahasiswa juga diancam DO Jika Pulang ke Indonesia. Para korban diberangkatkan dengan menggunakan visa pelajar yang berlaku selama satu tahun. Namun oleh pihak perusahaan setelah visa habis masa berlaku diperpanjang menjadi Visa kerja selama enam bulan.

Sebagai bukti kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO ) terkait dengan pengungkapan kasus ini, barang bukti berupa satu bundel fotocopy surat dari Politeknik disita petugas, yakni mengenai perihal permohonan rekomendasi pengurusan paspor. Satu lembar surat Kepala Dinas Perindustrian Tenaga Kerja. ( 28/6/2023 )

Magang membuka celah bagi manusia rakus untuk mengambil manfaat dan keuntungan. Pada dasarnya magang berbeda dengan bekerja yang mendapat honor penuh atas beban kerjanya. Yang seharusnya para pelajar mahasiswa belajar langsung pada faktanya banyak yang dipekerjakan tanpa digaji, karena dianggap sedang magang bisa diperlakukan sesuai kehendaknya. Hingga nampak adanya eksploitasi terhadap pelajar mahasiswa yang sedang melakukan magang yang dilakukan oleh orang yang rakus yang hanya memikirkan keuntungan materi semata.

Perhatian Islam Terhadap Output Pendidikan

Output pendidikan Islam adalah lahirnya individu terbaik yang memiliki pola pikir dan pola sikap Islam yang memiliki kepribadian islam, serta jiwa kepemimpinan baik pada skala individu, komunitas bahkan skala bangsa/negara. Berdasarkan output pendidikan ini, disusun arah pendidikan, dan diturunkan di dalam kurikulum pembelajaran serta metode pembelajaran.

Negara menyiapkan standar kurikulum, yaitu kurikulum yang terintegrasi dengan akidah Islam yang disesuaikan dengan level berfikir. Negara juga menetapkan metode pembelajaran yang baku dalam proses pembelajaran, sehingga mampu mencetak generasi terbaik yang diinginkan, generasi yang memiliki: (1) kepribadian Islam; (2) Faqih fii ad-Din; (3) berjiwa pemimpin ; dan (4)Terdepan dalam sains dan teknologi . Generasi terdepan dan mampu memimpin bangsa-bangsa lainnya, yang akan menjadi pengendali eksistensi negara menjadi negara mandiri, kuat.

Islam juga menekankan arti penting amal dan kerja, mengajarkan bahwa kerja harus dilaksanakan berdasarkan prinsip berorientasi kepada mutu dan hasil yang baik. Dalam Islam, amal dan kerja harus dilakukan dalam bentuk yang shalih bukan hanya mengejar keuntungan sepihak dan merugikan pihak lain.

Islam mengatur cara memberikan upah agar diberikan tepat dan cepat. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang mengatakan berikan upah kadarnya, akan mendorong sesorang pekerja agar dapat memenuhi segala kebutuhan diri dan keluarganya secara tepat pula. Seandainya apabila upah ditunda, seorang pekerja akan malas karena dia harus memikirkan beban kebutuhan diri dan keluarganya dan merasa karya-karyanya tidak dihargai secara memadai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image