Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atillah AL falah

Kenakalan Remaja di Era Digital

Lainnnya | Monday, 10 Jul 2023, 10:34 WIB

Remaja merupakan sebuah fase dimana seseorang mengalamiperalihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada fase remaja ini seseorang akan mengalami berbagai macam perubahan. Mulai dari perubahan hormone, fisik, emosional, hingga sikap dan tingkahlaku.

Perubahan-perubahan tersebut sangatlah normal dialami oleh setiap remaja, dan dari perubahan-perubahan yang dialami tersebut, dapat menjadi penyebab remaja menjadipribadi yang senang mencoba hal-hal baru.

Pada fase remaja ini seseorang akan cenderung memiliki banyak ketertarikan pada hal-hal baru. Hal inilah yang menyebabkan remaja menjadi senang melakukan berbagai macam hal-hal baru. Namun terkadang para remaja tak jarang melakukan sebuah perbuatan tanpa terlebih dahulu memikirkan dampak apa saja yang dapat ditimbulkan dari perbuatannya tersebut. Dikarenakan perubahan emosional para remaja yang amat siknifikan tak jarang membuat mereka lebih mendahulukan perasaan mereka dibandingkan pemikiran mereka ketika ingin memperbuat sesuatu. Hal inilah yang membuat remaja terkadang sering melakukan perbuatan-perbuatan yang ternyata berdampak negative dan bahkan tidak sesuai dengan hokum dan norma yang berlaku, atau prilaku tersebut jugasering disebut sebagai kenakalan remaja.

Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan seorang remaja melakukan perbuatan yang menyimpang. Di antaranya adalah pergaulan bebas, rasa penasaran yang begitu tinggi terhadap sesuatu, perubahan emosional yang tinggi, rasa penasaran untuk mencoba hal baru, bahkan juga bisa disebabkan oleh perkembangan teknologi dan media sosial di era yang serba digital ini.

Ya, di zaman sekarang ini tentunya kita tidak bisa terlepas dari yang namanya kemajuan berbagai macam teknologi dan media sosial. Dengan adanya berbagai teknologi dan media sosial yang berkembang dapat membuat segala aktifitas manusia menjadi lebih mudah. Namun tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi dan media sosial juga dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kehidupan kita apa bila kita tidak dapat mempergunakannya dengan baik. Salahsatu kejadian yang pada saat ini cukup marak terjadi adalah kenakalan remaja, dan di era digital seperti ini tak dipungkiri bahwa perkembangan berbagai macam teknologi dan media sosial dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kenakalan remaja. Saat ini sudah banyak sekali kasus kenakalan remaja yang terjadi di sekitar kita. Seperti kasus buling, tauran, balapan liar, hingga berbagai prilaku menyimpang lainnya yang dilakukan oleh para remaja. Bahkan tak jarang juga kita menemukan kasus kenakalan remaja yang dilakukan di media sosial. Seperti melakukan buling di media sosial, dan bahkan membuat video yang kurang pantas di media sosial.

Hal ini tentunya menunjukan bahwa perkembangan teknologi dan media sosial memiliki keterkaitan dan pengaruh yang besar terhadap kenakalan remaja.

Dizaman yang serba digital seperti sekarang ini, kebanyakan dari kita pasti tidak dapat terlepas dari yang namanya teknologi dan media sosial. Dengan semakin berkembangnya berbagai teknologi dan media sosial, maka dapat memberikan berbagai kemudahan bagi kita dalam beraktifitas. Seperti berkomunikasi, mencari berbagai informasi, mencari hiburan, menambah pertemanan, dan masih banyak lagi manfaat lain dari berkembangnya teknologi dan media sosial. Namun ternyata di balik semua keunggulan tersebut,bteknologi dan media sosial juga dapat memberikan dampak yang kurang baik. Salah satu dampak negative yang ditimbulkan yakni semakin maraknya terjadi kasus kenakalan remaja.

Kenakalan remaja merupakan suatu dindakan yang dilakukan oleh kaum remaja yang melanggar hokum dan aturan yang berlaku di masyarakat. Dan di zaman yang serba digital ini, remaja merupakan golongan yang paling sering menggunakan teknologi dan media sosial. Melalui teknologi dan media sosial, remaja dapat mencari berbagai informasi serta melakukan berbagai aktifitas. Namun ternyata tidak semua remaja dapat menggunakan kemajuan teknologi dan media sosial dengan cara yang baik. Tak jarang juga pada saat ini banyak remaja yang menggunakan teknologi dan media sosial untuk melakukan hal-hal yang negative. Seperti melakukan tindak kenakalan remaja di media sosial.

Ya, pada saat ini kasus kenakalan remaja tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, namun saat ini kasus kenakalan remaja juga sudah banyak terjadi di dunia maya.

Belakangan ini kita cukup sering mendengar dan memperoleh berita mengenai kasus kenakalan remaja. Seperti kasus buling dan juga tauran. Bahkan beberapa kali kita juga sempat memperoleh berita mengenai kenakalan remaja yang dilakukan di media sosial, seperti kasus remaja yang mengunggah video yang sangat tidak pantas de media sosial.

Hal ini tentunya membuak kita semua menjadi semakin resah dan khawatir. Media sosial yang seharusnya dapat digunakan untuk hal-hal yang baik justru digunakan untuk melakukan tindakan kenakalan.

Kenakalan remaja yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi dan media sosial dapat terjadi disebabkan oleh beberapa factor. Di antaranya adalah: kurangnya pengawasan dari orang tua, mengakses informasi yang kurang baik di media sosial, pergaulan bebas di media sosial, serta pengaruh negative dari hal-hhal yang kurang baik di media sosial.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja yang diakibatkan perkembangan teknologi dan media sosial. Di antaranya adalah: pengawasan yang lebih ketat dari orang tu terutama saat anaknya sedang menggunakan media sosial, menggunakan teknologi dan media sosial untuk hal-hal yang baik dan positif, memberikan edukasi sedini mungkin kepada anak agar tidak melakukan tindakan negative, serta hindarilah menggunakan teknologi dan media sosial untuk hal-hal yang negative.

Berdasarkan pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pada saat ini kita memang tidak dapat terlepas dari yang namanya teknologi dan media sosial. Namun perlu diingat bahwa teknologi dan media sosial juga dapat berdampak negative apa bila tidak digunakan dengan baik. Salah satu dampak negative dari penyalah gunaan teknologi dan media sosial adalah maraknya terjadi kasus kenakalan remaja. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlan teknologi dan media sosial dengan baik dan bijak, serta perlunya peran orang tua dalam membimbing anak-anaknya agar terhindar dari kasus kenakalan remaja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image