Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Firdy Guevara

Wall Climbing, Olahraga Anti-Mainstream yang Patut Dicoba Kalangan Anak Muda

Olahraga | Thursday, 06 Jul 2023, 11:31 WIB
Potret kegiatan Wall Climbing Riyadh Achmad Jaelani di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Minggu (25/6/2023). Dokumentasi pribadi.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dilakukan bertujuan untuk memelihara kesehatan tubuh. Sebagai bagian dari kebutuhan manusia, olahraga bisa dilakukan oleh semua kalangan. Salah satu olahraga yang patut dicoba oleh kalangan anak muda yaitu Wall Climbing, seperti yang sedang diminati oleh Riyadh Achmad Jaelani.

Sebagai anak muda, ketertarikan riyadh terhadap wall climbing ini didasari oleh adrenalin yang ingin ia salurkan terhadap kegiatan yang positif. Ketertarikannya berawal dari kegiatan Ekstrakulikuler Pecinta Alam yang ia tekuni sejak awal masuk SMA.

“Awalnya karena pas SMA saya ikutan ekskul atau organisasi pecinta alam, nah di ekskul ini tuh saya belajar banyak hal salah satu nya tentang olahraga ekstrim di alam bebas. Panjat tebing atau panjat dinding ini termasuk ke dalam olahraga ekstrim yang saya pelajari di ekskul ini, awalnya hanya praktek terus pas udah jadi anggota ada kegiatan panjat rutinan, eh sampai sekarang malah jadi hobi dan seneng kalo lagi main panjat ini badan berasa lebih segar” katanya.

Panjat Dinding atau bahasa kerennya dikenal dengan “Wall Climbing”. Salah satu olahraga ekstrim memanjat dinding buatan yang menyerupai tebing-tebing dan dilengkapi dengan bebatuan buatan untuk pijakan kaki dan tangan atau sering disebut “point”. Olahraga ini sebenarnya cabang dari olahraga panjat tebing. Cuma bedanya dari panjat tebing, Wall Climbing ini tidak selalu dilakukan di alam bebas, justru lebih sering dilakukan di ruangan terbuka atau juga tertutup. Wall Climbing bisa dikatakan sebagai alternatif dari panjat tebing.

Aktivitas Wall Climbing saat ini cukup populer di masyarakat, khususnya anak-anak muda. Tapi nyatanya tidak semua orang bisa melakukan Wall Climbing yang termasuk salah satu olahraga ekstrim ini.

Bagi yang berminat untuk mulai mencoba olahraga Wall Climbing ini, riyadh menyarankan untuk di dampingi oleh profesional agar bisa diberi arahan tentang teknik-teknik dasarnya.

“Buat yang berminat atau baru mau nyoba, saran saya kalian harus di dampingi oleh profesional atau minimal di dampingi oleh orang yang sudah mengerti tentang wall climbing” katanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image