Cara Meningkatkan Brand Awareness Secara Offline
UMKM | 2023-07-04 08:59:11Media online dan offline adalah dua wadah yang umum digunakan para pebisnis dalam membangun usahanya. Media online telah merajai dunia marketing dewasa ini dengan publikasi melalui media sosial karena tidak memerlukan banyak biaya.
Namun, tidak selamanya kita hanya cukup menyebarkan persona brand atau sering dikenal dengan istilah brand awareness dengan publikasi online.
Media offline tetap menjadi jalan yang cukup penting dalam menyebarkan brand awareness suatu produk. Hal ini digunakan suatu brand agar dapat lebih dekat dan langsung berkomunikasi dengan para konsumen atau calon konsumennya,
Lantas bagaimana cara meningkatkan brand awareness melalui media offline agar dapat dikenal oleh masayarakat luas?
Sebelum jauh membahas mengenai cara meningkatkan brand awareness kita akan berkenalan dengan istilah brand awareness dan pentingnya brand awareness bagi suatu bisnis berikut ini,
Apa itu brand awareness?
Brand awareness atau dalam Bahasa Indonesia disebut kesadaran merek adalah cara yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan produk/jasanya ke masyarakat agar dikenali dan mudah diingat.
Citra brand juga penting dibangun untuk memperkuat brand dikenali oleh masyarakat. Citra brand tersebut akan memudahkan proses brand awareness sampai di hati audience.
Pentingnya brand awereness bagi suatu bisnis
Data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey menunjukkan, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang tidak asing bagi mereka.
Hal ini dikarenakan masyarakat akan percaya jika banyak orang telah membuktikan keamanan produk tersebut.
Oleh karena itu, penting bagi suatu brand untuk memperkenalkan produknya agar masyarakat umum mengenal lebih dulu brand tersebut untuk mengambil tempat di pasaran.
Cara meningkatkan brand awareness yang efektif
Mengenalkan produk di pasaran dapat dilakukan secara offline atau langsung bertemu dengan konsumen atau calon konsumen. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti event atau expo.
Suatu acara akan dihadiri oleh banyak orang, Anda akan mendapatkan exposure jika produk Anda membuka booth dalam acara tersebut. Untuk mendapatkan crowd yang maksimal, carilah acara atau expo yang target audiencenya sama dengan citra brand Anda.
Misalnya, Expo Mommy N Me yang diikuti oleh Habbie Aromatic, brand Telon dari Yogyakarta yang memiliki target audience sama dengan expo Mommy N Me.
Habbie berhasil menjual ribuan botol telon dan kayu putih selama expo Mommy N Me di Jakarta Convention Center, Senayan (JCC) yang diadakan selama 3 hari. Expo tersebut dilaksanakan dari tanggal 30 Juni-2 Juli 2023 yang menghimpun banyak pengunjung khususnya di booth Habbie T2, Hall A.
Mengikuti expo dapat memberikan kesempatan pada calon konsumen untuk berkenalan dengan secara langsung dengan merek. Yaitu dengan melihat wujud produk yang ditawarkan merek secara langsung. Saat mengikuti expo Anda akan semakin dekat dengan konsumen brand Anda.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.