Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Almughni Mika

Malas Beribadah? Lakukan Hal-Hal Ini!

Agama | Monday, 03 Jul 2023, 10:52 WIB
https://id.pngtree.com/free-png-vectors/anak-yang-sedang-berdoa

Ibadah adalah segala bentuk ketaatan yang dikerjakan untuk mencapai keridhaan Allah SWT dan mengharapkan pahala-Nya di akhirat. Dan ibadah adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim karena ibadah merupakan tugas dari Allah SWT dan sebagai rasa syukur atas nikmat yang tak terhingga yang telah diberikan kepada hambanya dan hanya Allah lah yang paling layak untuk disembah (ibadah). Dari ibadah kita juga memperoleh Rahmat Allah yang membawa kita semua kedalam surga kelak.

Namun Rasa malas saat melaksankan ibadah menjadi penyakit yang banyak sekali terjadi terutama dikalangan anak muda. Tidak sedikit orang yang mengakhirkan sholat tanpa alasan tertentu bahkan sampai meninggalkannya, inilah yang di sebabkan oleh rasa malas tersebut. Maka adakalanya iman itu naik dan turun, pada saat iman seseorang naik maka ia akan giat beribadah tetapi ketika iman seseorang turun akan membuat dia merasa malas dalam melaksanakan ibadah oleh sebab itu dibutuhkan pemicu agar seseorang dapat bersemangat Kembali dalam melaksanakan ibadah yang tentunya selalu mengingat Tuhannya dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Maka dari itu mari Simak ulasan berikut tentang bagaimana cara agar kita membangun kesadaran untuk rajin beribadah dan tidak bermalas-malasan lagi :

Pertama yang harus dilakukan ialah jauhi segala bentuk kemaksiatan karena penyebab utama dari malasnya beribadah adalah dosa. oleh sebab itu jangan sampai terlibat dalam dosa sekecil apapun karena dengannya akan mudah sekali membuat kita tergelincir untuk malas beribadah. Ibadah mempunyai kenikmatan dan begitu pula maksiat juga memiliki kenikmatan namun keduanya tidak akan pernah bisa Bersatu. Sama halnya seperti orang yang sakit tidak dapat merasakan nikmatnya makanan begitupula dengan Rohani yang sakit maka tidak dapat merasakan nikmatnya ibadah, Dan penyakitnya Rohani adalah dosa.

jika kita hendak meninggalkan maksiat maka kita akan mendapatkan kenikmatan ibadah dan sebaliknya jika kita meninggalkan ibadah maka kita tidak akan bisa merasakan kenikmatan beribadah. Jauhilah maksiat karena dapat menghancurkan kehidupan seseorang dan membahayakan hati seseorang sehingga mengalami kesepian dan maksiat juga membuat hati seseorang menjadi gelap serta dapat merusak pikiran bahkan fisik.

Maksiat hanya membuat kesenagan sesaat namun berdampak sangat bahaya bagi kehidupan dunia dan akhirat. Jadi jika kenikmatan ibadah ada maka kenikmatan maksiat akan hilang hendaklah jauhi maksiat! Tanpa rasa ibadah hanyalah sekedar menggugurkan kewajiban semata.

Kedua adalah motivasi, yakni baca fadhilah ibadah yang ingin dilakukan, apa itu fadhilah ? fadhilah adalah keutamaan pada perbuatan-perbuatan tertentu yang bersifat ibadah atau janji positif yang Allah berikan kepada hambanya, yakni setiap ibadah pasti memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri. Terkadang yang membuat seseorang malas beribadah adalah tidak termotivasi sehingga ia tidak mengetahui untuk apa ia melakukan ibadah tersebut. Maka motivasi ini sangat perlu untuk meningkatkan semangat ibadah seseorang seperti mengetahui keutamaan dari pada sholat malam, sholat dhuha, puasa sunnah, dan lain-lain. dengan membaca hadis-hadis yang berkaitan dengannya maka dia akan termotivasi sehingga ia tidak hanya akan melaksanakan ibadah yang wajib akan tetapi yang sunnah juga dikerjakan, terkadang manusia harus di beri janji dulu baru ingin mengerjakannya.

Dan kita punya hak secara syar’i untuk menanyakan “jika saya melakukan hal tersebut maka saya akan mendapatkan apa?”. karena itu adalah janji-janji yang Allah berikan untuk kita, jika ingin rajin shalat tahajud maka hendaklah membaca fadhilah-fadhilah shalat tersebut, jika kita ingin bersedekah maka hendaklah membaca fadhilah-fadhilah bersedekah karena hal demikian akan membuat kita termotivasi untuk melakukannya.

Dan dengan membaca hadis-hadis tentang keutamaan ibadah kita juga memperoleh ilmu dan mendapatkan pahala dari mempelajarinya. karena ini merupakan bagian dari ilmu maka ini sangat berpengaruh pada rasa malas, iman dan ilmu adalah dua motivasi utama yang dapat menghapus rasa malas. Bekali lah diri dengan ilmu agar kita selalu terjaga untuk melaksanakan ibadah dan menumbuhkan rasa rajin serta menghapus rasa malas.

Terakhir adalah bergabunglah dengan komunitas orang-orang yang shalih dan disana kita akan mendapatkan banyak sekali pelajaran dan hikmah sehingga rasa malas akan beribadah akan pudar karena mereka akan saling mengingatkan dalam kebaikan, diperkumpulan antara komunitas orang-orang yang shalih juga selalu membicarakan hal-hal positif yang memberi pengaruh yang baik terhadap diri kita.

Bergaul dengan orang-orang yang shalih juga dapat meningkatkan keimanan seseorang dari kelalaian menuju kepada dzikir (mengingat Allah), dari cinta dunia menuju cinta akhirat, dan dari sikap yang sombong menuju sikap yang tawadhu dan rendah hati dan banyak sekali manfaat-manfaat yang dapat diperoleh Ketika bergaul dengan orang-orang yang shalih maka dengan ini kita akan selalu ingat kepada Allah dan terus melaksanakan ibadah.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa malas saat beribadah dan Kembali membawa kita agar selalu tetap rajin beribadah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image