Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rosita Indriani

Tips dalam Menjaga Persahabatan

Agama | Sunday, 02 Jul 2023, 11:10 WIB

Benarkah manusia sebagai makhluk sosial? Pertanyaan tersebut acapkali terlintas dalam pikiran kita, walau sebenarnya terlihat sebagai pertanyaan sepele ternyata hal ini merupakan sebuah hal yang amat teramat menarik untuk kita bahas. Menurut KBBI, makhluk sosial adalah manusia yang berhubungan secara timbal balik dengan manusia lain, Artinya, Manusia merupakan makhluk sosial yang tentunya membutuhkan manusia lain, manusia tidak bisa hidup sendirian dan pastinya memiliki keinginan untuk bersosialisasi karena adanya dorongan untuk berinteraksi guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga, walaupun manusia mempunyai kedudukan dan kekayaan manusia tetaplah makhluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lain. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri karena pada dasarnya segala aspek kehidupan manusia sangatlah memerlukan interaksi, terlebih dalam kehidupan bermasyarakat dimana manusia sebagai warga yang juga terikat norma dalam suatu masyarakat tersebut, dengan adanya interaksi manusia akan mencapai segala apa yang di inginkan

Ilustrasi Persahabatan

Sejak kecil manusia sudah secara naluriah melakukan interaksi, tentunya dimulai dari ruang lingkup terkecil yakni keluarga. Interaksi tersebut terjadi antar anggota keluarga atas dasar untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain. Manusia pada esensinya memerlukan orang lain atau kelompok untuk tetap hidup, hal ini kemudian akan menciptakan terjadinya suatu hubungan mutualisme antar manusia yang sering disebut sebagai pertemanan. Setiap manusia pasti memiliki teman di dalam hidupnya, dimana pertemanan ini terjadi karena manusia tersebut merasa saling menginginkan dan membutuhkan, seperti adanya rasa ketertarikan terhadap satu sama lain sehingga lama kelamaan akan memupuk rasa sayang yang akan menimbulkan ikatan yang lebih kuat sehingga lahirlah sebuah persahabatan. Di dalam hubungan persahabatan akan terlahir rasa ketulusan, cinta kasih, serta keakraban yang tercipta antar satu dengan yang lainnya. Peran sahabat bisa dikatakan sangat penting bagi setiap manusia, kenapa? Disamping kita memerlukan teman untuk berinteraksi, sahabat sejatinya merupakan sosok penting dan paling setia yang akan menemani kita disegala situasi dan kondisi, entah itu ketika kita sedang berbahagia atau bahkan di titik terendah kita sekalipun.

Dalam persahabatan pastinya kita menginginkan yang terbaik untuk sahabat kita, kita bahkan selalu berusaha untuk menjaga agar persahabatan tersebut bisa selalu solid, harmonis dan jauh dari kata perpecahan. Dalam menjaga hubungan persahabatan, tentunya ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga persahabatan agar tetap utuh dan harmonis, antara lain adalah dengan menguatkan komunikasi, komunikasi merupakan hal paling utama dalam melakukan hubungan dengan orang lain, karena dengan adanya komunikasi akan menimbukan interaksi yang menjaga kalian lebih terhubung satu sama lain. Komunikasi harus dilakukan dengan terbuka dan jujur, dengan hal ini kita dapat saling memahami dan mendengarkan perasaan serta kebutuhan sahabat kita.

Selain itu, penting untuk menghargai perbedaan antara kita dan teman-teman kita. Setiap orang memiliki keunikan dan perbedaan dalam kepribadian, minat, dan nilai-nilai mereka, dan kita harus menghormati perbedaan tersebut. Selanjutnya, menjaga kepercayaan adalah landasan yang sangat penting dalam persahabatan. Kita harus bisa mempertahankan rahasia teman kita, berpegang pada janji-janji yang kita buat, dan menunjukkan keandalan kita dalam hubungan tersebut. Hal lain yang harus dilakukan agar persahabatan kita bisa terjaga dengan baik ialah jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi untuk setiap hal baik yang telah dilakukan oleh sahabat kita, entah itu hal yang besar atau bahkan hal yang kecil, karena pada dasarnya apresiasi akan membuat sahabat kita akan merasa sangat disayang oleh kita dan tentunya akan membuat sahabat kita bahagia. Selain itu ada tips yang tak kalah penting untuk menjaga persahabatan, yakni adalah dengan senantiasa membantu sahabat ketika berada dalam situasi yang sulit, sebagai sahabat kita harus menjadi seseorang yang bisa diandalkan oleh sahabat kita dan sudah seharusnya seorang sahabat harus selalu menemani dan membantu dalam situasi serta kondisi apapun. Dalam hal ini, seorang sahabat harus dengan Ikhlas membantu dalam menghadapi suatu permasalahan agar sekiranya dapat mengurangi beban yang dirasakan oleh sahabat kita, tentunya melalui hal ini, ikatan persahabatan akan semakin kuat.

Adapun dalam menjaga hubungan sangat memerlukan adanya usaha. Kita perlu meluangkan waktu dan energi untuk menjaga hubungan dengan sahabat kita, termasuk mengatur waktu untuk bertemu, berbicara, atau melakukan kegiatan bersama. Ketika terjadi konflik, penting untuk mengatasi dengan bijaksana dan mencari solusi bersama. Menghargai sahabat dan mengungkapkan rasa terima kasih juga perlu dilakukan untuk memperkuat ikatan kita. Fleksibilitas dan kompromi juga diperlukan dalam persahabatan yang kuat. Kita harus siap untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan dan prioritas sahabat kita. Terakhir, menikmati momen bersama adalah hal penting dalam persahabatan. Dengan menciptakan kenangan yang berharga bersama, kita bisa memperkuat ikatan kita dan saling mendukung dalam perjalanan hidup. Menjaga persahabatan adalah investasi emosional yang berharga, dan dengan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada sahabat kita, kita dapat membangun hubungan yang langgeng, saling mendukung, dan penuh kebahagiaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image