Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Rahmat

Kisah Michel Purnama, Lulusan SMK kini Sukses Jadi Influencer Unpad

Edukasi | Wednesday, 28 Jun 2023, 10:49 WIB

Michel Purnama atau yang akrab disapa Michel ini merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan 2021. Namanya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pejuang PTN karena ia kerap membagikan konten-konten edukasi seputar masuk kuliah dan wawasan kebangsaan melalui media sosial pribadinya.

Pemuda kelahiran 09 Maret 2002 asal kabupaten Kepahiang, provinsi Bengkulu ini sukses meraih banyak prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Saat duduk di kelas XII SMK, ia belum ada kepikiran sama sekali untuk melanjutkan pendidikan ke dunia perkuliahan. Hal itu wajar karena biasanya anak SMK memang dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Namun, pada saat itu, tepatnya awal tahun 2020, Ujian Nasional resmi dihapuskan dan awal mula munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Michel pun sadar bahwa dengan apa yang ia miliki belum cukup untuk dapat bersaing di dunia pekerjaan. Oleh karena itu, ia langsung memantapkan hatinya untuk kuliah.

Permasalahannya, ketika ia sadar, waktu untuk mengikuti SNMPTN (kini bernama SNBP) sudah lewat dan persiapan SBMPTN (kini SNBT) tinggal sebentar lagi. Dengan segala kekurangan yang dimiliki, akhirnya ia memutuskan untuk gap year sembari belajar dan mengembangkan minat serta bakatnya selama ini, yaitu di bidang public speaking.

Semasa gap year, Michel memanfaatkan waktu dengan sangat baik, ia belajar semua hal tentang perkuliahan, mulai dari materi, info kampus, hingga tips and tricks agar dapat keterima di PTN impian. Semua itu ia lakukan secara mandiri alias otodidak, ia mengatakan bahwa “sekarang kita bisa belajar dari mana aja dan kapan aja, tergantung kita nya mau atau enggak”. Singkat cerita, ia pun berhasil keterima di pilihan kedua UTBK 2021, program studi Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Kuliah di universitas favorit tidak membuat Michel Purnama minder dan takut dengan mahasiswa lainnya, malah itu membuatnya semakin termotivasi untuk bisa berprestasi dan menjadi teladan bagi generasi muda. Hal ini berhasil ia buktikan pada saat baru tiga bulan menjadi mahasiswa baru, yaitu dengan meraih Juara 1 Nasional dalam lomba University Sales Championship 2021.

Selain itu, Michel juga berhasil menjadi influencer muda di usianya yang baru menginjak 21 tahun. pemilik akun Instagram @michelpurnamaa ini kerap membagikan konten-konten edukasi seputar masuk kuliah. Pemuda dengan 100K++ followers ini ingin membantu mencerdaskan generasi muda, memberikan kesempatan belajar, dan peluang masuk Perguruan Tinggi Negeri impian bagi mereka yang ingin berkuliah, tetapi kesulitan dalam belajar, terutama karena faktor ekonomi.

Meskipun sibuk dengan kegiatan akademik dan media sosial, Michel tetap mampu menjaga keseimbangan antara kedua hal tersebut. Bahkan ia sering berbagi tips tentang manajemen waktu dan motivasi kepada para followersnya melalui Instagram Story.

Michel mengatakan bahwa dia merasa terinspirasi oleh orang-orang di sekitarnya untuk menjadi seperti sekarang ini. Dia berharap dapat memberikan inspirasi kepada orang lain untuk terus berjuang dan meraih impian mereka.

"Setiap orang memiliki potensi yang tak terbatas. Hal yang terpenting adalah kita harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik setiap hari dan tidak pernah menyerah pada impian kita," ujarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image