Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mahira Fikriya

Peluang Bisnis pada Pondok Pesantren

Ekonomi Syariah | Wednesday, 28 Jun 2023, 10:39 WIB

Pondok Pesantren adalah Lembaga pendidikan Islam yang berdokus pada pendidikan agama. Sederhananya pondok pesantren adalah tempat dimana ada kyai sebagai figur, masjid sebagai tempat utama, dan didalamnya terdapat metode-metode pengembangan yang ditujukan untuk kemaslahatan pondok. Di masa sekarang ini Pondok pesantren bukan lagi hanya menciptakan penerus generasi bangsa yang paham agama saja, tetapi juga memiliki jiwa wirausaha di masa depan. Beberapa program dan kebijakan pondok pesantren mengacu kepada pengembangan ekonomi terutama pada pondok itu sendiri. Sebagai contoh mendirikan koperasi, UMKM, budidaya hewan, tabungan emas, penerbitan buku, tata busana, dll. Hal tersebut tentunya sangat menarik perhatian kaum luar, karena pemberdayaan ekonomi yang biasanya hanya dilakukan diluar pondok nyatanya bisa dimulai dari lingkup kecil pondok pesantren.

Beberapa pondok modern telah memerhatikan peluang bisnis sebagai pembelajaran sekaligus fasilitas bagi santrinya. Sebagai contoh pondok modern Darussalam Gontor yang menjadi salah satu pondok terkemuka di Indonesia. Gontor dikenal sebagai pondok dengan pengelolaan wakaf dan bisnis yang baik. Sehingga muncul banyak motivasi dan inovasi yang akhirnya banyak dari alumni dan masyarakat luar mengimplementasikan strategi dan model pengembangan dari pondok tersebut. Pada tahun 2018, Pondok Modern Darussalam Gontor menghasilkan pendapatan bersih dari usaha dan bisnis yang telah dijalankan mencapai 19 Miliar dengan 32 Unit usaha bisnis. Kemudian hasil dari pendapatan tersebut digunakan untuk mengembangkan usaha baru. Dari angka pendapatan tersebut bisa kita simpulkan bahwa sangat besar peluang bisnis yang ada pada Pondok Modern Darussalam Gontor. Pada hari Kamis, 28 Nopember 2019 K.H. Hasan Abdullah Sahal menghadiri peresmian gudang baru milik Latansa Darussalam Distributor Centre (DDC) dan menyampaikan bahwa Gontor memiliki beberapa unit usaha bukan semata-mata untuk mencari keuntungan materi, tetapi untuk pendidikan bagi para santri dan ustadznya. Maka di Gontor tidak ada sistem gaji, yang ada adalah berkah kebersamaan. Begitulah pesan yang disampaikan oleh salah satu pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Para santri diajarkan untuk berwirausaha sejak masa kepengurusan OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern) dengan tersebarnya mereka di beberapa sektor yang diawasi oleh Staff pembimbing, dan tenaga pengajar yang ada di sana. Beberapa sektor tersebut diantaranya, koperasi pelajar, cafetaria, Kerajinan seni, La Tansa Gontor, dan masih banyak lagi. Seperti yang pernah diucapkan K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi yang merupakan salah satu pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor “Anak-anakku ketika kamu di luar sana, jadilah seseorang yang bisa membuka lapangan pekerjaan” Kalimat tersebut menjadi motivasi besar para alumni yang berwirausaha di luar sana. Tidak jarang kita temukan para pengusaha yang merupakan alumni dari Pondok Pesantren. Mereka menjadikan pondok sebagai tempat belajar dalam berbisnis dan kemudian menjadikan dunia luar sebagai implementasi bisnis yang tentunya sesuai dengan syariat Islam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image