Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Menjaga Kesehatan Mata di Era Modern Teknologi

Edukasi | Tuesday, 27 Jun 2023, 21:22 WIB

“Menjaga Kesehatan Mata di Era Modern Teknologi ”

Di era modernisasi sudah tidak asing melihat orang yang menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari hanya di depan laptop, gadget, dan smartphone. Kita tau bahwa zaman semakin canggih teknology semakin terdepan. Bahkan mungkin sudah tidak ada manusia yang tidak menggenal sosial media entah itu fb, ig, tiktok, dll.Sementar itu, menatap layer yang terlalu lama bisa menyebabkan mata cepat lelah, kering, merah, dan bahkan bisa terjadi kelainan pada mata.

Lantas bagaimana kita bisa menjaga mata tetap sehat walaupun harus berlama-lama di depan layar. Dokter spesialis mata Universitas Airlangga (RSUA), dr. Muhammad Nurdin Zuhri Sp.M., menyebutkan bahwa menjaga Kesehatan mata sangat di perlukan disaat sekarang ini.

Untuk itu dia memberikan tips menjaga Kesehatan mata di era online ini :

1. Mengatur jarak pengguna saat menatap layar

Penyebab mata lelah adalah durasi kerja depan menatap layar terlalu lama. Melihat dari jarak dekat , mata akan mengalami penyesuaianuntuk menerima bayangan jelas dari objek yang dilihat. Maka otot pada mata mengalami kontraksi sehingga menyebabkan kelelahan pada mata.

Postur tubuh sangat mempengaruhi pengguna elektronik, biasanya yang umum adalah dengan jarak satu lengan atau sekitar 30-40 cm.

2. Menggunakan laptop dengan layar lebar

Pelajar atau pekerja sebenarnya tidak dianjurkan saat metode daring menggunakan handphone atau yang berlayar kecil. Karna bisa menyebabkan otot mata elebih berkontaksi.

3. Menggunakan aturan dua puluh

Aturan dua puluh sangat efektif mengurangin kelelahan pada mata, yaitu :

· Selama dua puluh menit melihat layar

· Lalu dilanjut selama 20 detik untuk berhenti menatap layar dan melihat sejauh dua puluh kaki.

Saat melihat jarak jauh dua puluh kaki atau setara 6 meter otot mata dapat berelaksasi, sehingga membuat mata lebih rileks.

4. Mengatur cahaya pada computer

Pada computer terdapat bluelight yang menyebabkan mata cepat Lelah karna blueligth memliki Panjang gelombang yang lebih pendek.

5. Mengonsumsi supplement

Mengkonsumsi supplement memang bukan suatu keharusan tetapi baik untuk menambah nutrisi pada tubuh terutama mata. Tetapi bagi seseorang yang sudah memenuhi nutrisi dan tidak kekurangan tentu tidak perlu mengonsumsi nya, bisa di sesuaikan dengan kebutuhan pada seseorang saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image