Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rodia Faisah

Tips Mengolah Limbah Container Bekas Ala Perusahaan Container Trade

Edukasi | Friday, 23 Jun 2023, 12:29 WIB

Bisnis container trade mungkin untuk sebagian besar orang tergolong masih sangat asing. Padahal sekarang mereka sudah lebih maju dengan bergerak membereskan limbah yang ditimbulkannya sendiri.

Khususnya limbah container bekas, yang makin hari terlihat makin banyak. Mengingat ukuran container rata-rata memang super besar, jika sudah menjadi limbah tentu akan makin memakan tempat.

Coba bayangkan jika semua limbah container bekas tersebut dibiarkan begitu saja. Bukan hanya akan merusak pemandangan. Namun, bisa jadi sarang penyakit. Bagaimana tidak begitu jika container bekas sangat berpotensi menjadi karat.

Dengan membelinya dari perusahaan container trade container-container bekas bisa disulap menjadi cafe container, booth container, hotel container, dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu mendesain ulang supaya tampilannya jauh lebih menarik tanpa menghilangkan konsep keamanan.

Container Bekas Menumpuk Menjadi Sumber Limbah

Select an Image

Anda mungkin sudah familiar dengan container atau yang biasa disebut sebagai peti kemas. Biasanya, benda ini juga biasa disebut sebagai kotak kargo. Pada umumnya dipergunakan sebagai tempat atau kotak penyimpanan barang yang besar dan rata-rata berat.

Bentuknya persegi dan Anda mungkin sering menemukannya sebagai alat transportasi. Pasalnya, dengan container pemindahan barang menjadi lebih efektif. Hal tersebut karena di dalamnya punya ruang yang besar. Pada umumnya container dimanfaatkan untuk mengantar paket belanja online hingga kargo barang.

Mengingat jaman sekarang layanan transportasi atau shipping makin berkembang, tentu saja berpengaruh pada produksi container. Aktivitas container trade pun meningkat dengan pesat. Meskipun begitu, tidak menjamin penggunaan container awet. Sebab, sering digunakan di banyak medan, membuatnya justru sering rusak seperti penyok, dan lainnya.

Semakin cepat rusaknya container, berefek pada semakin cepatnya penumpukan limbahnya. Sebenarnya masa pakai container adalah 25 hingga 30 tahun, namun masih bergantung dengan kondisinya. Limbah-limbah ini tentu membutuhkan ruang penyimpanan yang luas mengingat ukurannya yang besar.

Tidak hanya itu saja, limbah container jika dibiarkan juga cukup berbahaya. Seperti mereka bisa saja memanas hingga terbakar sendiri dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Oleh sebab itu harus segera dicari solusi agar tidak membahayakan semua pihak.

Bagaimana Mengolah Limbah Container yang Benar?

Mereka yang biasanya ikut aktivitas container trade memang harus mencari alternatif penyelesaian terkait limbah produk tersebut. Namun, sekarang paling tidak ada salah satu solusi paling cepat adalah dengan memanfaatkan container bekas menjadi barang bernilai.

Sekarang ada beberapa agen yang menjual dan menyewakan container bekas. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan container bekas tapi layak pakai untuk dijadikan benda berguna atau menuangkan kreativitas.

Bagaimana tidak, jika container bekas nyatanya bisa digunakan untuk cafe container, office container, kitchen container, maupun gudang container. Untuk cara pengelolaannya pun tergolong sama sekali tidak sulit.

Anda hanya perlu mencari container bekas yang masih berkualitas. Setelah itu membersihkannya dan mengecat ulang bagian-bagian yang diperlukan. Jangan lupa modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan buat supaya lebih menarik. Aktivitas container trade tentu akan sangat terbantu dengan pengelolaan limbah semacam ini.

Selain itu, faktanya container dinilai menjadi sebuah ruang yang layak huni sejak tahun 1980 silam. Namun, ide ini baru dikembangkan di tahun 2006 oleh arsitek California. Baru beberapa tahun terakhir menjadi ide unik di Indonesia.

Cara Memilih Container Bekas

Apakah kamu sudah ingin mencoba mendaur ulang container bekas untuk dijadikan beberapa produk seperti di atas? Caranya mudah, tinggal cari penjual agen penyewaan container bekas untuk mendapatkannya.

Tidak hanya berhenti mencari perusahaan container trade yang juga menyediakan jual maupun sewa container saja. Kamu juga harus memastikan Container bekas yang akan digunakan masih cukup berkualitas, sehingga hasil yang diinginkan bisa tercapai. Beberapa poin yang perlu diperhatikan seperti:

Keaslian Barang

Jika Anda mencari agen yang jual dan sewa container secara online, bisa jadi agak sulit dalam memilih barang mana yang sesuai. Namun, ada hal-hal yang menjadi bahan pertimbangan saat melakukan survey barang.

Pastikan Container yang dipilih tidak berlubang, tidak berkarat, dan identifikasi dulu kerusakannya. Jika kerusakan termasuk ringan mungkin bisa diperbaiki seperti penyok, lecet dan lain-lain. Intinya, Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Periksa Interior

Pilih perusahaan container trade yang menawarkan container dengan kondisi interior masih layak pakai. Jadi, penting untuk mengecek bagian dalam container itu sendiri. Selain itu, pastikan pintu container tidak sulit untuk dibuka.

Pintunya juga masih bisa dikunci dengan baik, karena bagaimanapun juga akan berhubungan dengan keselamatan dan keamanan selama pemakaian. Untuk bau juga harus dicek, jangan dipilih kalau memang terlalu bau apek. Apakah container ada indikasi terkena jamur juga harus Anda pertimbangkan.

Pastikan Ada Garansi dan Biaya Pengiriman

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan seberapa jauh pengiriman ke lokasi yang diinginkan. Begitu pun untuk sistem pembayarannya perlu ditanyakan pada pihak penjual/sewa container.

Perusahaan container trade biasanya akan memberikan ketentuan yang berbeda terkait pembayaran. Ada yang memilih mewajibkan klien setengah di awal dan sisanya saat barang sudah sampai tujuan. Diskusikan semua dengan pihak jual dan sewa container supaya lebih jelas.

Tidak lupa, pastikan juga terdapat garansi kerusakan. Apalagi jika posisi perusahaan dan lokasi Anda cukup jauh. Sebab bisa jadi selama perjalanan terjadi kerusakan dan sebagainya. Garansi juga berguna supaya Anda lebih nyaman menggunakan barang tersebut selama masa pemakaian.

Tips Perusahaan Container Trade Mengolah Limbah

Perusahaan perdagangan container tidak hanya memikirkan produksi barang saja. Mereka juga harus memikirkan bagaimana mengolah limbah bekas produknya. Apalagi limbah container bisa dikatakan besar dan sulit disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi mereka pun akhirnya membuat layanan jual container bekas yang dapat dipergunakan sebagai macam-macam ruangan. Banyak yang sudah memanfaatkan layanan perusahaan container trade yaitu menjual atau menyewakan container ini.

Jangan salah, mereka cukup berpengalaman dalam menyediakan layanan tersebut. Seperti menyediakan produk container bekas yang layak pakai. Mereka juga menawarkan desain gratis. Anda yang kurang tahu desain tentu saja tidak perlu repot dengan adanya fitur tersebut.

Lalu apa sebenarnya yang bisa dibuat dengan container bekas? Banyak kok, seperti jaman sekarang ada banyak bangunan yang bisa memanfaatkan tempat bekas container. Coba Anda lihat beberapa kantor container, toilet container, gudang container, kitchen container, bahkan ada hotel container.

Perusahaan container trade juga membekali karyawannya dengan tenaga professional. Hal ini akan menjamin hasil terbaik. Artinya, mereka tidak hanya berpikir bagaimana cara memproduksi barang saja. Namun juga sekaligus bertanggung jawab terhadap limbah produk mereka yang dinilai sudah tidak lagi berkualitas.

Apa Saja Kelebihan Ruangan Dari Container

Penanganan limbah container sebagai ruangan atau bangunan tak permanen memang menjadi cara jitu. Selain itu, ruang dari container terbukti punya banyak kelebihan seperti:

· Flexible

· Dapat Menjaga Lingkungan

· Dapat Diubah-ubah Sesuai Kebutuhan

· Unik dan Menarik

· Harga Terjangkau

Dari penjelasan tadi, Anda mungkin ingin cepat-cepat mencoba membeli container bekas. Lagipula ternyata bisa dimanfaatkan untuk macam-macam ruangan. Harganya pun relatif terjangkau dan tidak sampai menguras kantong.

Paling penting adalah mencari container trade terbaik. Tentunya yang menyediakan penawaran jual/sewa container bekas untuk dijadikan sesuatu sesuai kebutuhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image