Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

7 Manfaat Artisan Tea untuk Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup | Friday, 23 Jun 2023, 11:54 WIB
Sumber gambar: Freepik

Teh artisan adalah teh yang terbuat dari bahan dasar teh dengan campuran bahan alami lain seperti bunga, buah, maupun rempah-rempah. Bahan dasar teh dalam artisan tea harus memiliki kadar >50% dari campuran bahan lainnya.

Sebenarnya artisan juga dapat diartikan sebagai pengrajin atau pembuat teh itu sendiri, kata ini berasal dari kata ‘art’ yang berarti ‘kaya seni’. Jadi teh artisan dapat diartikan sebagai teh yang dibuat oleh seseorang yang ahli dalam proses peracikan teh.

Artisan tidak hanya terbatas sebagai minuman namun juga menjadi sebuah lifestyle yang banyak dilirik masyarakat. Di dalam artikel berikut kita akan membahas mengenai manfaat teh artisan untuk kesehatan yang saat ini tengah menjamur di Indonesia.

Manfaat Artisan Tea untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat teh artisan yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya.

1. Mengatasi insomnia

Kandungan dalam teh dapat membantu Anda untuk mengatasi susah tidur. Jika Anda mengalami insomnia cobalah minum teh untuk terapi tidur.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Teh artisan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Teh mengandung senyawa seperti epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi teh artisan terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Teh dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan tekanan darah, serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan kafein dan senyawa lain dalam teh artisan dapat memberikan efek stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan, fokus, dan kinerja kognitif. Teh juga mengandung L-theanine, yang dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan suasana hati.

5. Menurunkan risiko diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh artisan terkait dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Teh dapat membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi risiko resistensi insulin.

6. Mendukung pencernaan sehat

Beberapa jenis teh artisan, seperti teh hijau dan teh herbal, dapat memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan dan membantu mengurangi masalah pencernaan, seperti perut kembung, mual, dan gangguan pencernaan lainnya.

7. Efek relaksasi dan mengurangi stres

Teh artisan dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Teh herbal tertentu, seperti teh chamomile atau teh lavender, dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Selain mengonsumsi teh, Anda juga dapat menikmati kesegaran dan keharuman teh melalui minyak telon Habbie. Kandungan series tea dalam minyak telon Habbie memiliki aroma yang beraneka macam, mulai dari black tea, white tea, darjeling tea, oolong tea, matcha tea, yellow tea, dan lainnya.

Jika Anda tidak dapat mengonsumsi teh, Habbie menjadi alternatif untuk Anda yang ingin merasakan kesegaran teh tanpa meminumnya langsung. Anda bisa langsung mengunjungi sosial media Instagram @habbie_id.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image