Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MUTIATURROHMA 2021

Mengenalkan Bahasa Arab sejak dini, Pentingkah?

Eduaksi | Monday, 27 Dec 2021, 06:00 WIB

Bagi kaum Muslimin bahasa Arab adalah bahasa yang istimewa dibandingkan dengan bahasa lain didunia ini, yaitu bahasa yang dipilih Allah SWT. untuk menyampaikan firman suciNya.

Mengingat betapa urgennya pengajaran bahasa Arab bagi generasi penerus Islam, Syaikh Abu Hasan Al-Mawardi menyatakan, "Apabila anak sudah waktunya untuk dididik dan diajari, selayaknya dimulai dengan mengajarkan Al Qar'an dan bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan Allah untak menurunkan kitab suci Al-Qur'an dan menetapkan agamanya. Dengan bahasa Arab pulalah Rasalallah SAW. menyampaikan sunnahnya, dan disusunnya kitab-kitab agama, filsafat, logika, dsb. Oleh sebab itu anak-anak seharasnya mempelajari bahasa Arab, bila tidak ia akan bodoh tentang agamanya.

Usia dini merupakan usia emas bagi anak untuk belajar bahasa, tanpa mengabaikan perkembangan aspek-aspek lainnya yang sangat penting dalam kehidupannya.

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang diselenggarakan untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan, dan keterampilan yang melandasi pendidikan dasar serta mengembangkan diri secara utuh sesuai dengan asas pendidikan sedini mungkin dan seumur hidup.

Kecerdasan anak dapat diketahui sejak usia dini. Mereka akan memasuki usia 0-7 tahun ketika berada di dalam masa eksplorasi. Pada saat ini orang tua dapat mengenali dan menggali potensi kecerdasan anak. Salah satu caranya adalah dengan membebaskan anak untuk memilih aktivitas yang disenanginya. Pada masa ini, anak-anak memasuki usia keemasan di mana perkembangan sel sarafnya berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, stimulasi oleh orang tua dan pendidik sangat diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Pembelajaran yang dimulai sejak dini akan memberikan hasil yang lebih optimal dibanding memulainya ketika usia telah beranjak dewasa atau bahkan lansia. Hal ini karena ingatan anak-anak usia dini yang masih sangat tajam sehingga mereka mudah mengingat apapun yang mereka pelajari. Di samping itu, jika belajar dimulai sejak usia dini, rentang waktu pembelajaran akan sangat panjang. Jadi, ada banyak waktu untuk terus mengulang dan mendalami apa yang dipelajari tersebut.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mempelajari bahasa Arab di usia dini dapat dilakukan dengan mengenalkan kosa kata kosa kata yang sederhana dalam bahasa Arab, kemudia dapat juga dilakukan melalui metode bernyanyi menggunakan bahasa Arab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image