Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Penyebaran Informasi Hoax di Kalangan Masyarakat

Sinau | Monday, 19 Jun 2023, 19:52 WIB

Kalian semua tau kan apa itu Berita bohong ?Berita bohong atau hoax ini meresahkan bahkan juga merugikan masyarakat. penyebarluasan hoax sangat mudah, dengan melalui media online dan dengan waktu yang singkat masyarakat bisa mengakses dan dengan mudahnya mempercayai berita tersebut bahkan tidak tertutup kemungkinan membagikan informasi tersebut kepada yang lain.

hoax yang sering beredar dikalangan masyarakat indonesia

Hoax bisa menipu siapa saja, baik yang buta huruf, berpendidikan tinggi, mempunyai jabatan, bahkan orang taat beragama sekalipun dapat tertipu dengan berita yang tidak sesuai dengan fakta. Berita yang tidak benar ini juga merupakan usaha untuk menipu dan mengakali pembaca atau pendengar supaya mempercayai sesuatu berita, palsu.

Nah Saat ini kita berada di era revolusi industri 4.0 yang mana menjadi masyarakat digital 5.0 yang struktur sosialnya ialah jaringan dengan mikro elektronik berbasis informasi digital dan teknologi komunikasi, yang membawa dampak secara positif maupun negatif sedang marak dan membuat masyarakat resah dan dirugikan dengan berita ini. Penyebaran hoax sangat mudah, yakni melalui media online dana dengan waktu yang singkat masyarakat dapat mengaksesnya. hoax tak jarang disampaikan langsung oleh orang yang bersangkutan atau tokoh-tokoh nasional, sehingga masyarakat masih banyak yang belum bisa membedakan dengan kebenarannya serta membedakan informasi objektif secara berimbang, opini dan fakta bahkan mengambil suatu kesimpulan dan inti pada sebuah berita yang telah disampaikan, baik lisan maupun tulis.

Jika dilihat dari karakteristis masyarakat Indonesia sendiri fenoma Hoax atau berita bohong sudah menjadi hal yang mungkin wajar nih di kalangan mana saja, karena umumnya senang berbagi informasi yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. lalu hal apa yang membuat masyarakat dapat mempercayai hoax, mempercayai hoax terjadi karena tidak memahami dengan jelas konteks yang didengar dan dibaca. Dan lagi masyarakat kurang menggali atau mengecek literasi kebenaran dari berita tersebut.

Jadi ada sedikit tips cara menanggulangi Hoax yakni dengan meningkatkan literasi media baik media cetak atau social dan masyarakat bisa lebih selektif memilih mana informasi yang bohong dan benar. jadikanlah diri kita ini menjadi manusia yang cerdas dalam menggunakan teknologi yakni bijak dalam menyikapi informasi yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image