Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Andre Hariyanto

Lampung Menjadi Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Kuliner | Monday, 27 Dec 2021, 02:14 WIB
Foto: Sumber www.pegipegi.com

Mengenal Kopi Terbaik di Lampung

Kopi merupakan salah satu produk hasil pertanian yang disukai seluruh lapisan masyarakat. Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kopi arabica merupakan subak abian yang tersebar di seluruh kabupaten Lampung khususnya. Banyaknya kedai kopi di berbagai kota besar di Indonesia tidak hanya menguntungkan pemilik kedai kopi, tetapi juga memberikan semangat kepada para petani kopi di berbagai daerah di Lampung supaya dapat menghasilkan biji kopi yang lebih baik lagi. Munculnya kedai kopi juga membuka peluang pekerjaan bagi para pencari pekerja untuk dapat bekerja di kedai kopi yang tersebar di Indonesia.

Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia. Proses pengelolaan kopi di Lampung dilakukan secara individu maupun berkelompok. Salah satu yang patut menjadi sorotan ialah Petani yang mengerjakan pengelolaan kopi secara berkelompok tergabung untuk suatu organisasi yang disebut subak abian atau kumpulan tani.

Wilayah Lampung punya potensi besar untuk mengelolah perkembangan minyak berbasis bunga, karena memiliki daerah yang luas yang sesuai untuk pengembangan tanaman penghasil minyak atsiri yang salah satu mempunya potensi ialah tanaman yakni kopi, dilihat dari banyak manfaat tanah maupun iklimnya juga permintaan keinginan minyak atsiri yang sangat tinggi di Lampung. Minyak atsiri yang pada umumnya bunga kopi belum dieksplor dan memiliki peluang pasar yang masih terbuka, baik di dalam negeri sendiri maupun ekspor. Pengolahan hasil serta peningkatan mutu minyak atsiri mendapat dukungan cukup besar dari lembaga penelitian dalam menyiapkan rakitan teknologi untuk peningkatan produktivitas, sampai produktivitas dan mutu yang saat ini masih di bawah optimum masih berpotensi untuk ditingkatkan lanjut.

Stok ketersedian bunga kopi cukup melimpah banyak di Lampung ditandai dengan banyak perkebunan kopi di wilayah Lampung. Provinsi Lampung memiliki luas perkebunan kopi pada tahun sekitar 2017 mencapai 173.630 Ha, dengan produksi kopi mencapai 131.501 ton per tahun inilah yang menjadikan Lampung menjadi Potensi Penghasil Kopi Terbaik. */Mas Andre Hariyanto

#kopilampung #kopiindonesia #kopi #arcogan #arlearningcenter #taklimjurnalistik #masandrehariyanto

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image