Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Munawwirul Afaq

Menanggapi kontraversial Pondok Pesantren Al Zaitun

Agama | Monday, 19 Jun 2023, 12:51 WIB

Pondok Pesantren atau Ponpes Al Zaytun merupakan sebuah institusi pendidikan Islam yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Meskipun dikenal sebagai lembaga pendidikan namun, ponpes ini beberapa kali menjadi kontroversi karena beberapa alasan.
Pondok Pesantren atau Ponpes Al-Zaytun beberapa waktu lalu menjadi perbincangan setelah viral di media sosial karena melaksanakan salat dengan jemaah perempuan dan laki-laki bercampur. Peristiwa ini diketahui ketika mereka melaksanakan salat Idul fitri 1444 H. Dokumentasi itu sendiri diunggah oleh akun Instagram @kepanitiaanalzaytun pada 22 April 2023.
Dari unggahan tersebut pemilik akun tersebut menonaktifkan kolom komentar. Tak hanya melalui postingan, pelaksanaan salat Id yang dilakukan ponpes Al-Zaytun juga diunggah melalui kanal Youtube resmi Al-Zaytun Official.
Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, KH Zaenal Mufid membeberkan sejumlah indikasi penyimpangan dari Ma'had Pondok Pesantren (ponpes) Al Zaytun di Indramayu.
Ia menjelaskan, salah satunya tampak dri i'tidal Al Zaytun saat sholat Idul Fitri 2023, yang dilakukan berjarak dengan berdasarkan Alquran surat Al-Mujadalah ayat 11.
"Diputuskan dalam Bahtsul Masail kali ini, yakni i'tidal yang digunakan pihak Al Zaytun menyimpang dari Ashlu Sunnah Waljamaah dan termasuk penafsiran Alquran secara serampangan yang diancam oleh Nabi Muhammad SAW dan masuk neraka," ujar KH Zaenal Mufid, kepada MNC Portal Indonesia, saat kegiatan di Ponpes Hidayatut Tholibin, Kabupaten Indramayu, Jumat (16/6/2023).
Kedua, sholat dilakukan berjarak bertentangan dengan hadits shahih yang tegas menganjurkan merapatkan barisan sholat. Ketiga, bertentangan dengan kesepakatan ulama atau ijtima ulama perihal anjuran merapatkan barisan sholat.
KH Zaenal Mufid menuturkan, penyimpangan lain terlihat atas adanya perempuan dan nonmuslim di antara jamaah sholat yang mayoritas semuanya laki-laki. Dalihnya adalah mengikuti Mazhab Bung Karno.

Photo pimpinan pondok pesantren al zaiytun. Photo: Nawacita.co

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image