Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aura Griselda

Benarkah Perhiasaan Emas Sebagai Aset Investasi ?

Bisnis | Friday, 16 Jun 2023, 04:40 WIB
https://koinworks.com/blog/investasi-emas-atau-yang-lain/

28 Mei 2023 lalu para warga Pemalang dihebohkan dengan bangkrutnya Toko Emas Berkah yang berlokasi di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Toko Emas yang telah berdiri selama 20 tahun ini tiba-tiba tutup tanpa memberikan konfirmasi kepada pelanggan. Situasi ini menimbulkan spekulasi di kalangan masyarakat. Penduduk pun mulai berkerumun di cabang-cabang toko Berkah yang berada di Kabupaten Pemalang, dengan harapan mendapatkan kejelasan mengenai nasib emas yang telah mereka beli. Meskipun pelanggan Toko Emas Berkah masih dapat menjual emas mereka di tempat lain, mereka dipastikan akan mengalami kerugian yang signifikan. Hal ini memang sudah menjadi situasi lumrah dimana perhiasan emas yang telah kita beli di sebuah toko dan dijual ke toko emas lainnya akan berkurang nilainya sehingga kita mengalami kerugian. Sebenarnya masalah ini terjadi ketika masyarakat belum paham mengenai aset apa yang seharusnya menjadi aset investasi.

Perhiasan emas bukanlah aset investasi melainkan aset guna sehingga membeli emas tidak sama dengan berinvestasi emas. Hal ini terkait kadar yang umumnya tidak terbuat dari emas murni hingga menimbulkan risiko penurunan harga saat penjualan kembali. Ketika emas diolah menjadi sebuah perhiasan kemurniannya akan turun mennjadi sekitar kurang lebih 70% karena proses peleburan dan pembentukan oleh sang pengrajin. Inilah mengapa harga beli perhiasan emas termasuk dari biaya pengarajin itu sendiri sehingga menjadi lebih mahal daripada emas murni. Kemudian, saat hendak menjual perhiasaan tersebut harga yang diakui adalah kandungan emas didalammnya tanpa biaya produksi sehingga kita akan mengalami kerugian. Lalu bagaimanakah sebenarnya investasi emas itu ?. Tentu dengan cara membeli emas murni, bisa dalam bentuk emas batangan maupun emas digital.

Investasi menggunakan emas ini adalah cara yang paling mudah dan aman karena nilainya yang tidak tergerus inflasi. Selain itu ada banyak keuntungan dari berinvestasi emas. Pertama, emas dianggap sebagai penyimpan nilai yang stabil. Emas fisik memiliki nilai yang dihargai dan tidak tergantung pada keadaan ekonomi atau mata uang tertentu. Kedua, emas dapat digunakan untuk diversifikasi portofolio investasi. Dengan memiliki emas dalam portofolio, risiko dapat dikurangi karena emas memiliki keterkaitan yang rendah dengan instrumen investasi lain seperti saham atau obligasi. Dengan demikian, emas dapat membantu mencapai diversifikasi yang lebih baik. Kelebihan lainnya adalah likuiditas tinggi dari investasi emas. Emas dapat dengan mudah dibeli dan dijual di pasar internasional. Emas juga diperdagangkan di bursa komoditas, sehingga dapat dengan cepat diuangkan menjadi uang tunai jika dibutuhkan. Investasi emas juga telah terbukti menjadi perlindungan nilai jangka panjang. Meskipun harga emas dapat mengalami fluktuasi singkat, secara historis, emas telah menunjukkan peningkatan nilai yang stabil dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, emas sering dipilih sebagai aset untuk investasi jangka panjang. Terakhir, emas memiliki kekuatan sebagai lindung nilai dalam situasi ketidakpastian ekonomi atau geopolitik. Saat terjadi ketidakpastian, permintaan terhadap emas cenderung meningkat karena dianggap sebagai aset yang relatif aman dan stabil.

Perlu diingat kembali sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, kita harus menentukan tujuan keungan yang jelas. Emas akan menguntungkan dalam jangka panjang 5-10 tahun karena harga emas dalam jangka pendek nilainya berfluktuatif. Selain itu, berinvestasi emas juga harus konsisten setiap bulan agar menghasilkan return yang signifikan di masa depan nanti.

Aura Griselda - Mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya

Daftar Rujukan :

www.youtube.com. (n.d.). Toko Emas Tutup Bikin Sedih, Investasi Perhiasan Bikin Rugi? [online] Available at: https://www.youtube.com/watch?v=5OFDjoZQTrk [Accessed 15 Jun. 2023].

https://www.suarapantura.com/jateng-pantura/2679017144/viral-24-toko-emas-berkah-pemalang-tutup-pelanggan-terancam-rugi-besar

https://jatim.tribunnews.com/2023/06/09/toko-emas-di-pemalang-tutup-permanen-karena-bangkrut-warga-bingung-terhadap-nasib-mereka

https://www.dream.co.id/dinar/viral-toko-emas-bangkrut-dan-akan-tutup-permanen-di-pemalang-emak-emak-bingung-nasib-emasnya-sampai-.html

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image