Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luluk Agustin Maryatul Magfiroh

Siapakah Murjiah Itu?

Agama | Sunday, 26 Dec 2021, 18:14 WIB
Aliran dalam Islam ini sangatlah kompleks karena didasarkan Oleh paham atau keyakinan individu individu yang Salah dalam melakukan penafsiran, tidal dapat dipungkiri lagi bahwa penafsiran Salah yang dilakukan seseorang mengenai ayat ayat dalam Al-Qur'an tentunya akan menimbulkan perbedaan. Hal tersebut merupakan Salah satu faktor dari perpecahan dalam Islam, akibat dari perpecahan ini maka lahirlah aliran aliran Islam seperti contohnya Murjiah.

Murjiah merupakan aliran Theologi Islam yang menangguhkan dan memberikan pengharapan terhadap umat yang melakukan dosa besar. Aliran ini muncul pada abad pertama Hijriyah.

Mereka menjauhkan dari pertikaian politik yang melibatkan pendukung kaum syiah, kaum khawarij dan pendukung Muawiyah. Kaum Murjiah tidak mau ikut menyalahkan orang lain, tidak ikut ikutan menghukum kafir atau menghukum Salah satu, tidak mau mencampuri persoalan yang sedang muncul. Kalau ditanya bagaimana pendapat mereka tentang Muawiyah Dan anaknya Yazid, mereka menjawab: "Kita tangguhkan persoalannya sampai dihadapan Allah, Dan disitu kita akan lihat mana yang benar".

Dikatakan Murjiah karena mereka berpandangan bahwa pelaku dosa besar tidaklah kafir Dan tidak berpengaruh terhadap Iman seseorang. Mereka masih mengharapkan (irja') ampunan (maghfiroh) dari Allah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image