Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Gandeng Operator Bundesliga Jerman, Upaya Erick Thohir Jadikan Liga Indonesia Terbaik ASEAN

Olahraga | Tuesday, 13 Jun 2023, 07:11 WIB
Foto: https://www.pssi.org/

Kompetisi profesional sepak bola domestik yang dirancang dalam bentuk liga di mana di Indonesia disebut Liga 1 merupakan tangga penting untuk mendorong penguatan sepak bola dalam negeri. Sebab lewat gelaran kompetisi liga, klub-klub dipaksa untuk benar-benar melakukan manajemen internal terkait pembenahan klub, keuangan, pemunculan pemain lokal, dan persaingan dengan klub-klub lain. Sehingga apabila kompetisi liga ini berjalan dengan baik, diiringi dengan semangat kompetisi dan manajemen klub yang baik, maka hal itu menjadi titik penting penguatan sepak bola Indonesia.

Bagaimana langkah PSSI sejauh ini memang belum terlihat maksimal. Tapi PSSI di bawah Erick Thohir memberikan ‘sentuhan’ yang sedikit berbeda di mana ia berani ‘keluar’ dari zona sebelumnya dan berupaya untuk mengejar ketertinggalan pengelolaan liga itu dengan cara membangun kerja sama dengan operator liga top Eropa yakni operator Liga Jerman alias Bundesliga (DFL). Kerja sama dengan DFL memang pernah dilakukan PSSI, tapi tidak berjalan dengan baik. Bagaimana dengan kerja sama yang baru ini? Kita tentu bisa lihat kedepan.

Semangat Modernisasi Kompetisi Liga

Di bawah Erick Thohir, kita memiliki optimisme bahwa kerja sama dengan DFL atau operator Bundesliga Jerman ini akan memberikan sentuhan yang baik bagi sepak bola kita. Sebab bila kita runut sejenak, apa yang dilakukan Erick ini bukan sesuatu yang buru-buru. Ia telah mematangkan rencananya dari awal dan terlihat dari kemampuannya untuk menelaah masalah demi masalah pada kompetisi liga. Apa yang dilakukan saat ini dengan kerja sama dengan DFL adalah bagian dari menjawab beberapa masalah yang sudah identifikasi.

Paling tidak, fokus dari kerja sama yang dilakukan Erick Thohir dengan DFL terutama berfokus pada penguatan profesionalitas kompetisi liga domestik seperti Liga 1 Indonesia terutama. Semangat dari mendorong profesionalitas ini memiliki banyak turunannya lagi. Paling tidak bila kita uraikan secara lebih detail, Erick ingin Liga 1 ini benar-benar terkelola dengan baik. Kerja sama dengan DFL sebagai operator Jerman mengindikasikan banyak hal: bahwa paling tidak ada standar Eropa di dalam upaya pengelolaan kompetisi liga. Apalagi Bundesliga dikenal memiliki beberapa ciri yang sangat menarik dalam konteks pengelolaan liga dan manajemen klub.

Poin-poin Lain dari Kerja sama PSSI-DFL

Selain secara umum untuk mendorong gairah dan komitmen transformasi dan modernisasi pada kompetisi liga Indonesia, ada beberapa poin penting yang tercakup di dalam komitmen kerja sama PSSI-DFL. Di antaranya: pertama, pengembangan usia dini yang sangat penting terutama untuk jangka panjang yakni persiapan pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia ke depan.

Kedua, manajemen liga dan klub, berkaca pada klub-klub Bundesliga, yang bisa memunculkan banyak pemain muda, manajemen klub yang bahkan melibatkan suporter dalam kepemilikan saham 50 persen lebih di klub, dll. Ketiga, manajemen stadion, keamanan suporter, serta media dan lisensi klub, dan aspek penting lainnya.

Mengingat PSSI sebelum dipimpin Erick Thohir pernah kerja sama dengan DFL namun tidak berjalan baik, maka kerja sama terbaru diharap bisa dikerjakan dengan maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image