Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shella Angel

Hasil Semiffinal Piala AFF Leg 2 Tadi Malam live RCTI, Indonesia vs Singapura Skor Akhir 4-2

Olahraga | Sunday, 26 Dec 2021, 04:24 WIB

Hasil pertandingan semifinal leg ke 2 Piala AFF 2020 Indonesia vs Singapura semalam, tadi malam live RCTI berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan pasukan Garuda.

Pertandingan yang penuh drama tersebut dilaksanakan di Stadion Nasional Singapura harus berlanjut ke babak tambahan waktu karena skor imbang 2-2 hingga peluit babak kedua berakhir.

Empat gol anak asuh Shin Tae-yong dicetak oleh Ezra Walian 11', Pratama Arhan 87', Egy Maulana Vikri menit ke 107 ditambah satu gol bunuh diri dari pemain Singapura Shawal di menit ke 91.

Sebenarnya Indonesia berhasil memulai pertandingan dengan sangat baik karena menit ke 11 striker Timnas Indonesia Ezra Walian pemain Persib Bandung berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan dari Witan Sulaiman. Gol cepat ini membuat semangat pasukan garuda kian meningkat.

Sayangnya, sebelum peluit babak pertama berakhir, terjadi pelanggaran di jarak yang cukup dekat dari kota pinalti dan membuat pemain Singapura yakni Song-Ui-Yong mampu mencetak gol dan skor menjadi imbang 1-1.

Pada babak kedua, timnas Singapura harus bermain dengan 9 pemain setelah 2 pemain mereka yakni Safuwan Baharudin dan Irfan Fandi diusir wasit setelah mendapatkan kartu merah. Meskipun kalah pemain, justru Singapura mampu menambah gol melalui tendangan bebas menit ke 74 yang dicetak oleh Sahdan.

Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke 87 setelah Pratama Arhan berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakan terarah ke gawang Singapura.

Sebenarnya Indonesia banyak mendapatkan peluang yang harusnya bisa dikonversi gol salah satunya melalui pemain Persebaya yakni Irfan Jaya namun selalu gagal karena kegemilangan kiper Singapura Hassan Sunny yang tampik begitu apik menjaga gawangnya.

Namun diakhir babak kedua, Singapura mendapatkan penalti untuk mengakhiri pertandingan tetapi digagalkan oleh kiper Indonesia Nadeo Argawinata. Kiper Bali United tersebut berhasil menepis tendangan yang dilakukan oleh pemain Singapura.

Pada babak perpanjangan waktu, Indonesia kembali menekan dan di menit 91 dan 107 berhasil mencetak 2 gol melalui Egy Maulana Vikri dan gol bunuh diri pemain Singapura. Diakhir babak tambahan waktu, Singapura semakin melengkapi penderitaannya dimana sang kiper Hassan harus keluar karena mendapatkan kartu merah.

Dengan kemenangan ini tentu Indonesia berhak lolos ke babak Final Piala AFF 2020 yang bakal dihelat hari Rabu dan Sabtu minggu depan dan menunggu hasil semifinal lainnya antara Thailand vs Vietnam.

Semoga di babak final nanti, siapapun lawannya timnas Indonesia mampu bermain taktis seperti saat menghadapi Malaysia dan menang dengan skor akhir 4-1. Tentu, banyak masyarakat Indonesia memberikan banyak harapan kepada anak asuh Shin-Tae-Yong untuk membawa pulang piala AFF untuk pertama kalinya ke Indonesia dan menunggu sambutan hangat di bandara Jakarta.

Susunan Pemain

Indonesia (4-5-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho (Elkan Baggott 65'), Rachmat Irianto (Evan Dimas 94'), Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya (Egy Maulana Vikri 66'), Alfeandra Dewangga (I Kadek Agung Widnyana 107'), Ramai Rumakiek; Ezra Walian (Hanis Saghara 54').

Singapura (4-1-4-1): Hassan Sunny; Zulqarnaen Suzliman (Muhammad Nazrul 93'), Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah (Tajeli Salamat 106'); Harris Harun, Song Ui-young (Muhammad Amirul 70'), Shahdan Sulaiman, Hami Syahin (Ikhsan Fandi 60'), Amy Recha (Shawal Anuar 60'); Hafiz Nor (Faris Ramli 64').

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image