Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image fatianah zahra

Hukum Musik Menurut Para Ulama

Agama | Saturday, 10 Jun 2023, 12:58 WIB

Siapa yang tidak suka musik pada zaman ini?

Musik sering kali dijadikan media dakwah dalam Islam seperti yang berkelintaran di sosial media. Nyatanya, musik juga kerap kali dipakai pada zaman Yunani, masa peradaban yang melahirkan Dunia Barat itu telah hidup dengan musik sejak lama. Tapi hingga kini masih banyak simpang siur terkait hukum mendengarkan musik dalam Islam. Lalu, bagaimana kesimpulan jawabannya? Mari kita bahas dalam artikel ini.

Musik dinamai juga museque dalam bahasa yunani diambil dari 2 asal kata yakni muse yang mempunyai arti “senandung suara” dan que yang berarti “keselarasan irama”. Museque atau “music" dalam bahasa Inggris memaknainya dengan “suara indah yang dihasilkan dari alat-alat musik”. Dikamus al-Munjid dikatakan bahwa al-musiq berasal dari kata serapan dari museque dalam bahasa Arab memiliki arti “lagu dan nada” selain itu juga memiliki arti “instrumen musik”.

Musik memiliki magnetic dalam kehidupan kita karena mempunyai unsur irama serta nada yang indah nan elok sehingga banyak orang yang menganggap bahwa musik sebagai salah satu sarana yang paling pas untuk mengungkapkan suasana hati kita.cieilah.

Tapi,Ternyata musik Dilarang dalam Islam?

Ya, sebagian ulama kita berpendapat seperti Imam Syafi’i, Imam Malik, Abu Hanifah, dan Sufyan mengemukakan pendapatnya bahwa musik telah menjadi ciri khas bagi orang-orang yang fasik, selain itu juga mereka menyatakan dengan tegas bahwa musik adalah suatu hal yang makruh dan dapat menyebabkan kelalaian dalam beribadah.

Eits.., tapi tunggu dulu. Selain ulama-ulama yang mengharamkan musik (muharrimun) nyatanya juga ada yang berpendapat Mubah. Simak penjelasan berikut ini;

Salah satu Ulama yang memiliki minat besar dalam bidang kesenian yakni Imam al-Ghozali beliau bahkan sampai menyisihkan satu bab dalam kitabnya yang masyhur yakni ihya ulumuddin khusus untuk membahas tentang kesenian. Pendapat yang memperbolehkan musik juga datang dari Abu Thalib al-Makki salah satu ulama yang ahli dalam bidang fikih, hadits dan juga tasawuf beliau mengemukakan bahwa musik merupakan tradisi yang dilakukan oleh orang-orang madinah juga parah tokoh Salaf.

Hal yang perlu kita ketahui bahwa ketetapan suatu hukum juga bergantung pada perilaku seorang mukallaf (berakal-baligh), bukan pada benda-benda itu sendiri.

Seperti dalam salah satu hadits yang menjelaskan haramnya alat musik yaitu seluring dan gitar, menurut Imam al-Ghazali bahkan larangan ini bukan pada alat musik itu sendiri melainkan terdapat perkara lain (amrun kharij), yakni sebab kedua alat musik tersebut pada awal mulanya kedatangan islam sering dimainkan pada tempat-tempat maksiat.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa hukum bermusik diperbolehkan juga menjadikannya sebagai salah satu sarana berdakwah tentu tidak menjadi suatu masalah, meski terdapat juga perbedaan pendapat terkait hukum bermusik itu sendiri yang telah dipaparkan diatas. Pada kenyataanya juga, musik telah dijadikan sarana dakwah sejak zaman Sunan Wali Songo loh. Seperti, Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga.

Tapi tetap hukum diperbolehkannya bermusik ini tidak ditetapkan secara mutlak, jika dengan bermusik itu sendiri dapat menyebabkan kita menjadi lalai dalam melakukan suatu ibadah maka bisa dihukumi menjadi haram .

Dikutip dari buku yang berjudul “Trilogi Musik, Nuansa Musik Dalam Kontruksi Fikih, Tradisi Tasawuf Dan Relevan Dakwah”.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image