Indonesia Vs Singapura 4-2: Laga Dramatis, Bikin Deg-Degan

Image
Priana Putra
Olahraga | Saturday, 25 Dec 2021, 23:31 WIB
Indonesia vs Singapura leg dua berakhir 4-2. Indonesia memastikan diri ke final Piala AFF 2020. Sumber foto: republika.co.id

Indonesia vs Singapura leg 2 malam ini berlangsung dramatis dan bikin deg-degan. Laga yang diwarnai kontroversi, aksi saling balas gol, hingga kartu merah, dan drama penalti ini akhirnya usai dengan kemenangan Tim Garuda 4-2.

Tampil di Stadion Nasional, Singapura Sabtu (25/12/2021) malam, kedua tim bermain sama kuat dan ngotot sejak awal. Namun, Tim Garuda berhasil unggul lebih dahulu berkat aksi cantik Witan Sulaeman yang mampu mengecoh lawan lalu mengoper umpan ke Walian dan berbuah gol.

Sayangnya, pada menit akhir babak pertama, Indonesia lengah. Setelah wasit memberi kartu merah kepada Safuwan Baharudin, pemain Singapura yang bermain dengan sepuluh pemain justru bisa buat kedudukan imbang. Berawal dari set piece tendangan bebas, Song menyambut dan berhasil cetak gol. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Memasuki paruh kedua, Indonesia seperti mendapat angin segar lagi. Wasit mengartu merah bek tangguh Irfan Fandi pada menit 64'. Namun, entah kenapa, Tim Garuda yang unggul dua pemain, malah kesulitan cetak gol. Sebaliknya, Singapura yang mengandalkan serangan balik dan set piece bola mati justru bisa sangat merepotkan.

Sudah begitu, Indonesia pun kerap melakukan pelanggaran-pelanggaran merugikan. Alhasil, pada menit 74', Singapura justru berbalik unggul lewat tendangan bebas keras dan terarah Shahdan Sulaiman.

Skor ini pun langsung bikin deg-degan. Pasalnya, dengan waktu tersisa 16 menit lagi, gol balasan harus segera tercipta. Beruntung, pada menit 87', Indonesia akhirnya bisa mencetak gol lewat aksi brilian Pratama Arhan.

Namun, seperti drama yang enggan berkesudahan, pada menit-menit akhir babak kedua, Singapura justru mendapat hadiah penalti. Duh, seperti pupus sudah asa Indonesia. Tidak disangka, kiper Nadeo ternyata mampu membuat penyelamatan gemilang. Bravo! Babak kedua pun berakhir dengan skor 2-2.

Pertandingan pun memasuki babak tambahan 2x15 menit. Beruntung, pelatih Shin Tae Yong telah melakukan sejumlah pergantian pemain sebelumnya.

Pergantian tersebut terbukti mengubah alur pertandingan. Salah satunya ketika gol ketiga Garuda tercipta berkat aksi brilian pemain pengganti Egy Maulana Vikri. Tendangan keras Egy sukes membuat pemain belakang panik dan malah bikin gol ke gawang sendiri.

Egy Maulana Vikri merayakan gol ke gawang Singapura. Sumber: Republika.co.id

Egy juga kemudian memastikan kemenangan Indonesia lewat cocoran kakinya pada menit 105+2 memaksimalkan umpan pojok. Dengan skor 4-2, Timnas Garuda pun dipastikan lolos ke final Piala AFF 2020 dan siap menantang pemenang laga leg 2 lain Thailand vs Vietnam. ( Baca: Jadwal Final Piala AFF 2020, Indonesia Tunggu Thailand Vs Vietnam)

Highlights Indonesia vs Singapura leg 2, semifinal Piala AFF 2020

Baca juga:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Elmo Rogam dan 'Cara yang Tepat'

Lirik Lagu 'Cara yang Tepat' oleh Elmo Rogam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Optimis Raih AIPT Unggul, Unismuh Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Akreditasi

Image

Peduli Banjir Pati, Wadja Group Salurkan Bantuan Logistik

Image

Bantu Korban Gempa Cianjur, Mapala Umri Salurkan Bantuan Donasi dan Kirim Relawan

Image

Darurat Penggunaan Gadget pada Anak, Ibu Profesional Depok Ajak Orang Tua Melek Teknologi

Image

Kegiatan Ibadah Rohani Kristen Di Lapas Brebes

Image

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image