Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Kuliah Umum FH UAD: Bahas Sengketa Hasil Pemilu di MK

Edukasi | Friday, 09 Jun 2023, 08:48 WIB
Kuliah Umum Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bahas penyelesaian perselisihan sengketa Pemilu (Foto: Novita)

Fakultas Hukum (FH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar kuliah umum “Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK)” pada Jumat, 26 Mei 2023 di Amphitarium lantai 9 Kampus Utama (IV) UAD. Pada kesempatan ini, Dekan FH UAD Dr. Megawati, S.H., M.Hum. dalam sambutannya membahas Pusat Kajian Konstitusi, Demokrasi, dan Pemerintahan FH UAD.

“Kami memiliki suatu pusat kajian yang dipimpin oleh Dr. Rahmat Muhajir Nugroho, S.H., M.H. yaitu Pusat Kajian Konstitusi, Demokrasi, dan Pemerintahan. Kami tertarik membentuk badan tersebut karena masih sedikit (jarang) orang membahas sejarah hukum. Kini, kami sudah punya ruangan khusus untuk praktik peradilan MK,” ujarnya.

Ia menyampaikan bawa pusat kajian ini sudah cukup lama dirintis, dan kini digiatkan kembali. Ia berharap, kegiatan akan berjalan lebih baik.

Selain tentang pusat kajian, Dr. Megawati juga membahas program “Smart Box Mini Court”. “Kami berharap Smart Box Mini Court bisa segera diluncurkan beberapa bulan ke depan. Program ini memerlukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan MK. Dan, semoga MoU bisa segera terlaksana sehingga menjadi kebanggan dan mudah-mudahan bisa mencerahkan serta mencerdaskan mahasiswa FH UAD,” tambahnya.

Senada dengan Megawati, Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. berharap agar MoU segera dilakukan agar kerja sama bisa ditingkatkan. “Tadi pagi, sudah ada penandatanganan MoU dengan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI). Insyaallah, MoU dengan MK akan menyusul sehingga kerja sama bisa lebih ditingkatkan lagi, seperti magang di MK untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).”

Kuliah umum ini melibatkan Hakim Konstitusi RI Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum. sebagai pembicara dan Direktur Pusat Kajian Konstitusi, Demokrasi, dan Pemerintahan Dr. Rahmat Muhajir Nugroho, S.H., M.H. sebagai moderator. Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., Wakil Dekan II FH Wita Setyaningrum, S.H., LL.M., dan dosen FH UAD Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H. (nov)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image