Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nadif Fahmi

Perkembangan Sistem Informasi pada Usaha Mikro Kecil Menengah

Bisnis | Friday, 09 Jun 2023, 05:54 WIB

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini tidak dapat dihindarkan, dan telah berkembang di berbagai sektor, mulai bisnis, pendidikan, kesehatan dan masih banyak sektor yang lain dalam kehidupan yang tidak dapat lepas dari teknologi dan informasi. Berbagai perubahan teknologi informasi didalam bisnis yang penting baik itu inovasi informasi teknologi, model bisnis baru, perkembangan e-commerce, perubahan manajemen, dan Perubahan Pada Pelaku Usaha UMKM.

Dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komputer, UMKM dapat mempersiapkan diri dan menjawab tantangan yang ada. Beberapa UMKM perlu mengembangkan baik sumber daya manusia, tata kelola perusahaan, peralatan dan strategi bisnis yang tepat untuk menghadapi segala tantangan saat ini. UMKM juga harus mengandalkan otomasi berbasis teknologi. Salah satu otomatisasi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan sistem informasi yang dapat digunakan untuk mengelola penjualan dan pemasaran serta meningkatkan hubungan pelanggan.

Inovasi Informasi Teknologi

Inovasi dalam perkembangan Teknologi menjadi keunggulan saat ini. Hal ini bisa di adopsi oleh berbagai UMKM yang sedang mengembangkan usahanya maupun yang baru menggeluti usahanya. Inovasi ini memberikan peluang bagi UMKM yang dapat diterapkan dalam pasar digital, dalam bersaing dengan produk luar negeri.

Model Bisnis Baru

Model bisnis dan perencanaan bisnis itu berbeda. Model bisnis berfokus pada bagaimana menghasilkan keuntungan dari bisnis yang sedang berjalan. Model bisnis baru membuat para pelaku UMKM memiliki perbedaan dengan UMKM kompetitornya.

Perkembangan E-Commerce

E-Commerce adalah pendistribusi, penjualan, pembelian, dan pemasaran produk (barang dan jasa) melalui Internet. E-Commerce digunakan para pelaku bisnis, salah satunya UMKM. Dengan perkembangan E-Commerce menjadi akses yang luas serta kesempatan untuk menarik pelanggan baru.

Perubahan Manajemen

UMKM mengembangkan strategi pemasaran tepat untuk mencapai tujuan dan meningkatkan produktivitas. Desain dan pengembangan produk komersial yang terjangkau harus membangkitkan minat konsumen. Pelaku UMKM perlu mengembangkan pengelolaan sumber daya manusia. Dimana pelaku UMKM dituntut memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut

Perubahan Pada Pelaku Usaha UMKM*

Dengan perkembangan dan pemanfaatan sistem informasi yang ada. Perubahan wajah UMKM dari tahun ke tahun meningkat signifikan. Salah satu sistem informasi yang sangat berguna seperti halnya pembayaran, yang awalnya menggunakan uang fisik, sekarang bisa menggunakan uang elektronik dalam transaksinya.

Perkembangan Sistem Informasi terhadap UMKM memiliki dampak yang besar dalam perkembangannya. Di mana pada 2022, UMKM mampu menyerap 97 persen dari total angka pencari kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi di Indonesia. Terkait dengan data di atas, Indonesia memiliki potensi besar dalam ekonomi nasional yang kuat dengan adanya perkembangan UMKM tersebut.

Penggunaan Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM

Sistem yang diterapkan dengan memanfaatkan CRM terdiri dari beberapa modul perangkat lunak, yang dapat membantu perusahaan dalam usaha memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat, handal dan tetap konsisten untuk memberikan perhatian kepada pelanggan (Loudon, 2016).

Dalam pemanfaatan CRM, teknologi informasi mengambil peran untuk membuat seluruh sistem yang ada pada perusahaan dengan berbagai fungsi dapat terintegrasikan dan dapat di otomatisasi dengan baik, terkhusus pada aktivitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. CRM memiliki banyak manfaat (O’brien, 2011) bagi penggunanya baik itu UMKM, seperti:

 

  1. Memungkinkan untuk dapat mengidentifikasi dan berfokus kepada pelanggan UMKM
  2. Memungkinkan untuk dapat melakukan penyesuaian dan juga membuat personalisasi pelanggan atas berbagai produk dan layanan ataupun jasa yang dihasilkan
  3. Memberikan pengalaman yang menarik dan konsisten serta pelayanan terbaik
  4. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Revolusi Industri 4.0 pada UMKM

Menyongsong era industri 4.0 pengembangan sumber daya manusia menjadi catatan penting dalam upaya memacu tumbuh dan berkembangnya UMKM, kemampuan untuk membangun jejaring dengan perusahaan besar, melakukan transformasi dalam menjalankan usaha melalui pemanfaatan IT, dan menggali berbagai kreativitas dan juga inovasi terhadap layanan-layanan baru memanfaatkan IT yang ada pada UMKM. Pemanfaatan IT oleh UMKM dilakukan dengan salah satu usaha yaitu UMKM dapat dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang memiliki keunggulan antarmuka (interface) yang berhubungan dengan mobile system yang memiliki kemampuan handal dan dapat mendukung sistem yang ada pada UMKM. Sistem ini tidak dapat berdiri sendiri, namun menjadi satu kesatuan dengan banyak komponen yang saling bekerjasama (McKinsey, 2015)

Pemasaran pada UMKM

Kegiatan pemasaran tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar yang telah berkembang, UMKM pun membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk bisa mendapatkan pelanggan baru dan juga mempertahankan pelanggan lama. Pemasaran merupakan ujung tombak dari perusahaan maupun organisasi.

Terdapat beberapa pendorong yang dimaksud dalam hal ini yang menjadi penting adalah digitalisasi dalam industri. Dalam praktek pemasaran yang dilakukan oleh UMKM dan guna mendukung aktivitas para pemasar untuk melaksanakan tanggung jawab analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian, maka dibutuhkan peran serta dari pemanfaatan teknologi berupa sistem informasi.

Dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi dan informasi saat ini tidak dapat dihindarkan, dan telah berkembang di berbagai sektor, salah satunya adalah UMKM. Revolusi industri 4.0 yang sangat erat dengan modernisasi dan kemajuan teknologi menjadi sebuah momen bagi UMKM untuk melaju dengan berbagai inovasinya untuk tetap bertahan dan tidak tergerus laju zaman.Terbatasnya pemanfaatan teknologi karena dianggap barang yang mahal dan rumit oleh UMKM harus dikikis. Dengan dilakukan pengenalan tentang pentingnya Customer Relationship Management kepada UMKM dan melakukan perancangan sistem informasi untuk dapat membantu UMKM melakukan otomasi pada penjualan, pemasaran dan meningkatkan perhatian pada pelanggan yang pada akhirnya menghadirkan layanan yang lebih baik lagi bagi UMKM kepada pelanggan. Dengan perancangan sistem informasi ini pengelola UMKM dapat dengan mudah mengidentifikasi dan berfokus pada pelanggan, memungkinkan penyesuaian secara personal terhadap berbagai produk dan layanan atau jasa yang ditawarkan, mampu menghadirkan pengalaman yang berkesan dan layanan terbaik di seluruh bagian pelayanan dan yang terpenting adalah adanya peningkatan terhadap loyalitas dari pelanggan.

#sisteminfomasimanajemen_kelp1_O

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image