Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Fitur Saluran Baru WhatsApp Hadirkan Meso ke Aplikasi Perpesanan

Teknologi | Thursday, 08 Jun 2023, 22:05 WIB
WhatsApp (Pixabay/HeikoAL/SSDarindo)

Fitur terbaru WhatsApp menghadirkan jenis perpesanan yang sangat berbeda ke aplikasi obrolan paling populer di dunia. Ini disebut Channel atau Saluran, dan dirancang khusus untuk siaran satu-ke-banyak daripada percakapan di meso atau media sosial. Perusahaan milik Meta menyebutnya "cara pribadi untuk mengikuti apa yang penting" dan menyebutkan pembaruan lokal dan olahraga di antara cara Anda menggunakannya.

Dikutip dari theverge.com, Saluran merupakan alat pembuat, sampai batas tertentu, tempat bagi mereka yang memiliki pemirsa untuk "mengirim teks, foto, video, stiker, dan jajak pendapat," menurut posting blog peluncuran WhatsApp. Perusahaan memiliki rencana untuk membangun pembayaran dan layanan monetisasi lainnya ke dalam Saluran juga. Anda akan dapat menemukan saluran dengan mencarinya di WhatsApp atau dengan menjelajahi direktori yang baru dibuat dan melihat pembaruan terbaru mereka di bagian Status aplikasi.

WhatsApp mengatakan privasi adalah bagian penting dari pengalaman. Itu sebabnya, informasi admin Saluran tidak dibagikan dan aplikasi hanya menyimpan riwayat saluran selama 30 hari. Admin bahkan dapat memblokir tangkapan layar dan penerusan, memastikan bahwa apa yang ada di saluran tetap ada di saluran.

Saluran tidak dienkripsi ujung ke ujung; mereka diperlakukan lebih seperti pesan Anda dengan bisnis, yang juga tidak sepenuhnya pribadi. Akan tetapi, WhatsApp mengatakan sedang memikirkan cara untuk mengenkripsi beberapa saluran dari waktu ke waktu.

Ini sebagian besar merupakan fitur yang sangat jelas untuk ditambahkan oleh WhatsApp. Telegram memiliki fitur serupa, juga disebut Saluran dan juga dimaksudkan untuk siaran satu-ke-banyak, selama bertahun-tahun. Instagram juga memiliki fitur serupa, yang disebut saluran siaran. Masuk akal pula karenanya, untuk membawa informasi semacam ini ke WhatsApp.

WhatsApp dengan cepat berubah menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar aplikasi perpesanan. Hanya dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan memungkinkan untuk menggunakan satu akun di banyak ponsel; telah mengerjakan alat buletin pribadi dan sistem nama pengguna baru; menambahkan jajak pendapat dan belanja dan banyak hal Facebook lainnya ke platform; mengubah sistem Statusnya; meningkatkan obrolan grupnya; dan banyak lagi. Saluran hanyalah cara terbaru WhatsApp mencoba membawa media sosial ke perpesanan.

Seperti kebanyakan fitur WhatsApp, Saluran mulai dari yang kecil. Perusahaan berencana meluncurkan Saluran dengan organisasi global terkemuka dan organisasi terpilih di Kolombia dan Singapura. Fitur tersebut hanya akan tersedia di kedua negara tersebut pada awalnya. Itu akan datang ke lebih banyak negara, dan pembuatan saluran akan tersedia untuk lebih banyak pengguna "dalam beberapa bulan mendatang".

WhatsApp jelas masih merupakan aplikasi perpesanan pertama — miliaran orang menggunakannya untuk mengobrol dengan teman dan orang yang mereka cintai. Namun seiring dengan pertumbuhannya, menghasilkan lebih banyak uang, dan menjadi aplikasi super yang mencakup semua yang diinginkannya, ia mencoba menemukan cara untuk menjadi lebih dari itu. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image