Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ronaa Hapsari

Anak Jalan Rentan Mengalamai Attachment Disorder

Parenting | Thursday, 08 Jun 2023, 12:25 WIB

Anak jalanan, mereka rentan tumbuh dengan perilaku yang berisiko bagi diri nya sendiri dan orang lain yang ada di jalan.

Attachment (kelakatan) ini memiliki pengaruh yang besar terhadap bagaimana anak akan melihat dan menghadapi lingkungan sosial yang lebih luas pada tahap perkembangan yang selanjutnya, salah satu pengaruh penting pembentukan attachment yang aman adalah terbentuknya kemandirian emosi pada anak remaja.

Masa remaja adalah masa di mana individu mengalami penolakan dan rasa asing dengan kedua orang tua nya. Remaja yang hidup atau bekerja di jalanan ini mereka memilih untuk tinggal jauh dari rumah dan memilih untuk hidup mandiri karena berbagai alasan.

Rata-rata keluarga dari remaja jalanan ataupun yang memilih mencari uang di jalan ini kebanyakan dari mereka tumbuh dalam keluarga yang berbahaya, sperti melakukan tindak kekerasan, memakai narkoba, dan kejahatan seksual hal itu lah yang menjadi alasan mereka untuk tinggal di jalanan.

Lalu, apa kaitannya hubungan kelekatan atau attachment disorder ini dengan kemandirian emosional seorang remaja jalanan?

Sebelum nya apa sih attachment disorder itu? Attachment disorde atau bisa disebut dengan gangguan kelekatan, ini adalah masalah keterikatan emosional yang membuat seseorangtak mudah untuk akrab dengan orang lain. Menurut John Bowlby (1958) attachment disordor adalah Keterikatan psikologi yang berlangsung lama antara manusia.

Seorang anak dibesarkan dengan kepercayaan bahwa pengasuh utama (primary caregiver) mereka selalu ada, mereka cenderung tidak akan pernah mengalami yang namanya ketakutan dibandingkan dengan anak-anak yang dibesarkan tanpa kepercayaan yang paten dari pengasuh utama nya.

Anak yang memiliki kelekatan yang baik dengan orang tua nya biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Mudah akrab dengan orang lain2. Dapat menyelesaikan masalah dengan lebih mudah3. Berani mencoba hal-hal baru secara mandiri4. Mudah mengendalikan emosi saat stres

Lain hal nya dengan anak yang mengalami attachment disorder mereka akan cenderung merasa tidak aman dan menganggap orang dewasa itu tidak dapat dipercaya. Anak dengan gangguan tersebut biasanya mereka akan mudah marah, takut dan cemas yang pada akhirnya mereka akan menjauhi ketemu orang lain yang membuat mereka tidak nyaman dan hal itu di lakukan demi ke amanan mereka.

Penyebab Terjadinya Attachment Disorder;

1. Sering di abaikan sejak kecil2 Pernah mengalami perlakuan yang gak menyenangkan di tempat asuh mereka, seperti panti asuhan. 3. Mempunyai trauma di masa lalu, misalnya pernah dilecehkan atau ditinggalkan pengasuh yang sangat dekat dengan mereka sejak kecil.

Balik lagi ke remaja jalanan, mereka pasti pernah mengalami salah satu penyebab di atas, bisa jadi mereka di dalam rumah sering di abaikan dengan orang tua mereka, atau bahkan mendapatkan perlakuan buruk dari orang terdekat nya seperti pelecehan seksual yang mengharuskan mereka keluar dari rumah dan hidup di jalanan. Karena bagi mereka hidup di jalanan itu lebih baik ketimbang di dalam rumah bersama keluarga tapi mereka tidak mendapatkan apa yang semestinya mereka dapatkan.

Memiliki anak yang hidup nya lebih suka di jalan memang sangat mengkhawatirkan, sebab kita tidak atau apa saja yang bisa terjadi selama di jalan. Bagaimana mereka tidur dan makan, maka dari itu kita sebagai orang tua lebih aware tentang perasaan anak kita.

Lalu, cara kita sebagai orang tua agar anak nya terhindar dari gangguan attachment disorder;

Ketika masih bayi, kita mungkin kesulitan untuk tahu apa yang anak butuhkan. Berikut ini cara.

Anda bisa memenuhi kebutuhannya:

1. Menyusui bayi kapanpun ia mau. Selain memberi nutrisi untuknya, menyusui juga dapat menenangkan bayi karena dirinya mencium aroma tubuh Ibu dan merasakan kehangatan nya di kulit sang ibu.

2. Bila si kecil minum dari botol susu, moms bisa mendekap tubuh sang kecil dengan erat, tatap matanya, dan amati sinyal dari si kecil berikan untuk menandakan kalau dia kenyang.

3. Moms bisa menggendong bayi setiap saat. biar tidak pegal, bisa menggunakan gendongan bayi yang sesuai dengan kenyamanan moms.

4. Tidur di kamar yang sama bersama bayi, paling tidak selama 6 bulan pertamanya agar moms bisa merespon kebutuhan anak dengan cepat di malam hari.

Dari penjabaran di atas diharapkan moms akan mengerti betapa pentingnya menjaga kenyamanan dan perasaan dari sang anak, mereka juga mempunyai perasaan yang patut untuk kita perhatikan.

Anak jaman sekarang banyak sekali yang memiliki sikap yang tidak baik loh moms, contohnya saja banyak terjadi tindak kriminal dari usia di bawah umur, mereka bisa melakukan hal tersebut karena mereka bisa saja melihat tingkah laku kita selama dirumah. atau bisa saja mereka merasa tidak nyaman bahkan tidak didengar oleh moms dan lama-kelamaan bisa membuatnya memberontak dan memilih untuk keluar dari rumah dan memiliki sifat yang gak baik.

So ayo moms, lebih aware lagi dengan perasaan sang anak, apa yang kita perbuatan bisa menjadi cerminan di masa depan untuk anak kita. jangan salahkan anak jika mereka memiliki sifat yang gak baik karena mereka hanya mengikuti apa yang mereka lihat di rumah.

REFERENSI

https://www.honestdocs.id/attachment-disorder

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41918

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image