Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Profil Assoc Prof Dr Jebul Suroso, Rektor Baru yang Bakal Dilantik PP Muhammadiyah

Info Terkini | Thursday, 08 Jun 2023, 07:25 WIB
Profil Assoc Prof Dr Jebul Suroso, Rektor Baru Bakal Dilantik PP Muhammadiyah

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir MSi dikabrkan akan melantik Assoc Prof Dr Jebul Suroso sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) masa jabatan 2023 – 2027 besok, Kamis 8 Juni 2023.

Dari informasi yang dihimpun, Assoc Prof Dr Jebul Suroso akan dilantik menjadi Rektor UMP kali keduanya setelah Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyerahkan SK Pengangkatan Rektor UMP 2023 – 2027 melalui Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (DIKTILITBANG) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Sabtu (27/5/2023) lalu.

Sebelumnya, SK diserahkan dari Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah Prof. H. Mahfud Sholihin, Ph.D, Ak., CA., CPA (Aust) kepada Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMP Prof Dr H Chairil Anwar.

Berdasarkan SK keputusan PP Muhammadiyah No. 352/KEP/I.0/D/2023 memutuskan, menetapkan, mengangkat Assoc Prof Dr Jebul Suroso sebagai rektor UMP masa jabatan 2023 – 2027. Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini mulai berlaku pada tanggal 1 Juni 2023 sampai dengan tanggal 30 Juni 2027.

Profil Assoc Prof Dr Jebul Suroso

Pemilik nama lengkap Jebul Suroso ini lahir di Banjarnegara, 5 Maret 1977. Assoc Prof Dr Jebul merupakan lulusan UMP D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan. Ia mengawali karier sebagai dosen. Sebelumnya ia menyelesaikan S1 di UNDIP Semarang, dan S2 di UI Jakarta, kemudian melanjutkan program doktoral S3 di UGM Yogyakarta.

Sebelumnya ia sempat menduduki jabatan rektor untuk pengganti antarwaktu. Assoc Prof Dr Jebul juga pernah sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kerjasama dan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan AIK.

Kariernya semakin kinclong ketika ia menjabat Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMP. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan Fikes UMP, wakil dekan bidang akademik Fikes UMP dan Ketua Program Studi Keperawatan D3 UMP.

Selain itu, Assoc Prof Dr Jebul Suroso merupakan asesor LAM PTKes dari tahun 2018 sampai sekarang. Tidak hanya itu, ia juga sempat menjadi ketua bidang kerjasama LN AIPNI Pusat, dan Ketua Bidang Kerjasama AIPNI Jateng. Ia juga masuk dalam tim penilai jabatan fungsional dosen LLDIKTI VI, Reviewer jurnal nasional UMY, UNW, UNDIP dan ketua rayon 3 paguyuban bidang akademik perguruan tinggi swasta Jawa Tengah.

Di Muhammadiyah ia juga aktif sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kembaran, Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, dan sekarang aktif di Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah dan Dewan Penasehat Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah.

Kepala Biro Humas dan Promosi UMP Irfan Fatkhurohman M Pd pelantikan Rektor UMP Kamis 8 Juni 2023 akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah.

“Insya Allah besok akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir MSi yang juga akan meresmikan Gedung SD dan TK Aisiyah Bustanul Athfal UMP,” jelasnya.(tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image