Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Retizen Jawa Timur

Cara Drone Mapping Lahan Dengan Aman, Tips dari Digital Global Eksplorasi

Teknologi | Wednesday, 07 Jun 2023, 11:16 WIB
Lahan Tebu yang sering dilakukan pemetaan drone untuk melihat kondisi tanaman dan lahan

Pemetaan drone semakin hari semakin banyak dibutuhkan, akan tetapi harus dibarengi dengan kesadaran untuk terus menjaga ruang udara secara aman yang telah diatur oleh dinas terkait.

Perihal Peraturan Penerbangan Drone

Drone merupakan salah satu teknologo kekinian yang makin hari makan banyak digunakan oleh masyarakat luas untuk berbagai kebutuhan, pemerintahpun juga sudah membuat peraturan yang mengatur tentang regulasi penerbangan drone, dimana zona - zona merah seperti markas militer, bandara dan tempat vital seperti istana kepresiden dipasang jumper untuk menghalangi ruang drone bergerak.

Keamanan Drone Untuk Pemetaan

Dikutip dari laman PT. Digital Global Eksplorasi, keamanan untuk pemetaan lebih longgar, dimana bisa dilakukan pemetaan dan surveyor dengan syarat area terbang tidak di sutet, tidak di jaringan BTS dan tidak di area bandara, karena hal - hal tersebut akan mengurangi sinyal drone yang menjadikan drone kehilangan kendali saat melakukan pemetaan.

Posisi Aman Saat Landing

Hal yang kedua adalah keamanan saat landing, perlu di ketahui drone merupakan device yang terbang vertical saat landing, jadi tidak membutuhkan banyak ruang, akan tetapi untuk keamanan jangan sampai landing di tempat yang menimbulkan turbalensi karena baling - baling drone memiliki kekuatan yang lumayan besar untuk mengubah pola gerakan angin ditempat sempit.

Tips Penting dari Global Eksplorasi

Tips penting yang dibagikan oleh konsultan pemetaan drone ini adalah menggunakan GPS lock dimana fitur ini adalah fitur wajib yang harus digunakan, ketika ada kegagalan terbang drone bisa di-tracking melalui GPS yang telah aktif, sehingga data yang ada selamat. Nah itulah beberapa tips aman yang diulas oleh Digital Global Eksplorasi untuk pemetaan drone, semoga hal tersebut bisa mengurangi segala resiko penerbangan nirawak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image