Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Yazid

Sahabat Peci Merah Sambut Hari Donor Darah Sedunia

Filantropi | Tuesday, 06 Jun 2023, 17:20 WIB

Komunitas Sahabat Peci Merah (SPM), Muda Jakarta, dan bersama sejumlah organisasi menggelar kegiatan sosial untuk menyambut hari donor darah sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 Juni. Aksi donor darah tersebut diharapkan turut memberikan sumbangsih kebutuhan pasokan darah untuk rumah sakit di Jakarta.

Pada Selasa (6/6/2023), kolaborasi aksi donor darah ini mengambil tema "Dengan Mendonorkan Darah, Dunia Menjadi Sehat," di Aula Ali Sadikin Kantor Walikota Jakarta Barat. Kegiatan ini diikuti sekitar 200 orang peserta donor .

Achmad Muslim SE, Founder SPM Media mengatakan, selain bersama Komunitas Muda Jakarta kegiatan ini dapat dilaksanakan juga berkat dukungan berbagai pihak lain. Antara lain, Pemerintah Kota Jakarta Barat, PMI DKI Jakarta, Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad), PT Marga Lingkar Jakarta, dan Demo Care.

Selain itu, turut juga membantu relawan SOM, Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat, serta Baznas Bazis DKI Jakarta. "Alhamdulillah, pesertanya cukup banyak. Sebagai rasa terima kasih untuk para pendonor, kami berikan bingkisan peci yang merupakan lambang komunitas ini," kata Muslim.

Turut Hadir memeriahkan acara sosial tersebut di antaranya, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi, Ketua Umum Hikapad Hariara Tambunan, Pasiter Kodim 0503/JB Mayor Arh Wahyu Suko Sasongko, Ketua PMI Jakarta Barat Beky Mardani, sertaAdib Bukhori, Ketua Muda Jakarta. Kegiatan sosial donor darah di lingkungan kantor Walikota ini dibuka oleh Indra Patrianto, Sekretaris Kota Jakarta Barat.

Dalam sambutannya, Indra Patrianto mengatakan, kebutuhan darah di Jakarta mencapai 1.000 hingga 1.200 kantong darah per hari. Namun, permintaan tersebut tentunya tidak bisa menjadi tanggung jawab PMI, sehingga perlu kolaborasi berbagai organisasi sebagaimana yang dilakukan dalam kegiatan ini.

"Jadi kekurangan kantong darah di Jakarta masih cukup besar, sehingga dengan kolaborasi ini kami sangat membutuhkan pendonor-pendonor lewat kegiatan ini. Ya, itu harapannya bisa mengisi kekurangan stok darah yang ada," jelas Indra.

Rustam Effendi menambahkan, selain untuk membantu kekurangan pasokan darah di rumah sakit Jakarta, masyarakat juga perlu edukasi tentang manfaat donor darah untuk diri sendiri. Misalnya saja, untuk deteksi dini kondisi kesehatan pendonor, peningkatan produksi sel darah, serta pencegahan berbagai macam penyakit.

Ia menambahkan, kegiatan sosial seperti ini yang banyak diikuti oleh para anggota organisasi menjadi salah satu upaya sosialisasi pentingnya donasi darah kesehatan pribadi. "Misalnya hari (Selasa) ini yang banyak diikuti oleh anggota Hipakad sangat bagus, apalagi target awal peserta mencapai 250 orang. Kami di PMI Jakarta siap mengakomodasi organisasi yang ingin menggelar kegiatan donor," kata Rustam. (Sumber: Pecimerah.com)

,

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image