Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Radit Purnomo

Masih Pakai Akuntansi Tradisional? Inilah 5 Alasan Mengapa Akuntansi Tradisional Sudah Mulai Ditingg

Teknologi | Tuesday, 06 Jun 2023, 16:26 WIB

Teknologi menyebabkan begitu banyak perubahan, tidak hanya di bidang sosial, tetapi juga di bidang ilmu pengetahuan dan terutama di bidang ekonomi. Akuntansi juga tidak luput dari pengaruh teknologi yang semakin terdesentralisasi ini. Jika dulu pembukuan menggunakan buku dan hanya disimpan oleh satu orang, sekarang sudah tidak lagi. Sistem akuntansi direformasi secara mendasar untuk mengurangi biaya dan mempercepat waktu pemrosesan. Tentunya bagi para akuntan yang sudah lama menggunakan sistem akuntansi manual, peralihan teknologi akuntansi ini akan menimbulkan kebingungan sementara. Anda harus berlatih dengan sistem baru dan mengganti sistem lama dengan sistem baru. Namun, jika Anda sudah memahami sistem baru ini, Anda pasti akan mendapat manfaat dari efisiensi sistem penyimpanan modern ini. Mari kita lihat empat alasan mengapa banyak orang mulai meninggalkan sistem akuntansi tradisional ini:

Permasalahan Cost

Alasan pertama untuk beralih dari sistem akuntansi tradisional adalah masalah biaya. Misalnya, jika terjadi kesalahan manusia, Anda harus menyewa auditor untuk mencari kesalahan pencatatan. Belum lagi waktu yang dibutuhkan auditor untuk mengevaluasi akuntansi, tentunya hal ini tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat. Anda juga perlu meninjau sistem pelacakan untuk meminta penyelesaian ATK. Bayangkan Anda harus mengubah banyak laporan hanya untuk satu poin dan menghabiskan energi dan waktu Anda untuk koreksi.

Sumber: Canva.com

Keamanan Yang Sudah Cukup Rendah

Sebelumnya, hanya satu orang yang bertanggung jawab atas akuntansi dan ketika orang tersebut melakukan kecurangan, seperti korupsi. Anda pasti membutuhkan waktu lama untuk mengetahui apa yang dia lakukan, dan semakin lama akan besar kerugian yang Anda peroleh ketika anda tidak mengetahui hal tersebut. Adapun selain itu kemungkinan akuntan tepercaya menyalahgunakan aset Anda. Itulah mengapa penting untuk memeriksa laporan keuangan Anda secara real time.

Data Mungkin Saja Hilang

Kelemahan dari sistem akuntansi tradisional adalah kemungkinan kehilangan atau kerusakan data. Apalagi saat terjadi kecelakaan di tempat kerja, misalnya saat kantor terbakar maka hal yang terjadi pasti data anda yang tersimpan di dalamnya juga ikut habis terbakar. Berbeda ketika Anda menggunakan sistem penyimpanan modern, hal ini dapat dihindari karena anda memiliki cadangan data yang disimpan secara online.

Akses Yang Minim

Penggunaan sistem akuntansi tradisional juga meminimalkan akses ke pemantauan aktivitas keuangan. Ini membuat keuangan Anda kurang transparan dan kurang up-to-date. Bahkan jika Anda berada di luar kota, Anda akan kesulitan untuk sampai ke sana. Itu sebabnya banyak yang menggunakan sistem penyimpanan modern yang bisa digunakan di mana saja dan kapan saja.

Akuntansi Modern Dirasa Lebih Tepat dan Efektif

Sistem akuntansi modern dianggap lebih modern dan ekonomis daripada pendahulunya. Karena sistem akuntansi modern membuat biaya pemrosesan lebih murah dan lebih cepat. Saat ini salah satu sistem akuntansi modern yang sudah diterapkan banyak perusahaan di Indonesia adalah software ERP. Sistem tersebut memiliki bermacam-macam bentuk dari yang online terintegrasi dengan seluruh sistem setiap saat, misalnya seperti Ukirama. Atau dengan model implementasi lepas seperti hanya terintegrasi dalam satu komputer saja, yang mana tentu juga akan kurang menguntungkan. Meskipun demikian, kedua perangkat lunak ini memiliki fitur dan tujuan yang sama yakni menggunakannya secara langsung dan membantu melakukan manajemen terhadap bukti transaksi. Pengerjaan invoice, nota retur bahkan stok bisa dilakukan bersamaan hanya bermodal software akuntansi. Tapi memang ketika anda menggunakan Ukirama yang langsung mendapatkan semua fiturnya dengan harga terjangkau tentu akan berbeda kenyamanan dan keamanan update data karena tiap software memiliki keunggulan masing-masing

Jika terjadi kesalahan input data, Anda tidak perlu repot mengubah seluruh laporan, karena cukup mengubah hal yang salah saja dan laporan lainnya akan otomatis terganti tanpa harus mengulang pembuatan dari awal karena dalam satu lembar. Penggunaan sistem penyimpanan modern ini lebih transparan dan tidak memperhatikan resiko kehilangan data. Alasannya adalah karena ada pencadangan otomatis yang dapat Anda andalkan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Maka dari itu untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan Anda, ada baiknya memilih sistem keuangan yang terintegrasi seperti software ERP. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Ukirama ERP secara internal. Karena sistem keuangan yang satu ini mampu mencatat, menganalisa dan mengelola keuangan dan pembukuan perusahaan Anda melalui berbagai fungsi dan layanan yang ditawarkan. Fitur utama dari Ukirama ERP meliputi inventaris, pembelian, penjualan, sumber daya manusia, sistem akuntansi manufaktur dan pemeliharaan. Selain itu, Ukirama ERP juga menampilkan laporan secara detail dan terintegrasi dengan akuntansi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image