Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Apartemen Menjadi Salah Satu Investasi yang Diminati Masyarakat

Bisnis | Tuesday, 06 Jun 2023, 12:26 WIB

APARTEMEN MENJADI SALAH SATU INVESTASI YANG DIMINATI MASYARAKAT

Standar hidup Indonesia yang tinggi dan inflasi tahunan menggarisbawahi pentingnya investasi karena menabung bukan lagi solusi untuk meningkatkan peluang keuangan. Salah satu investasi yang menarik adalah investasi di real estate. Real estate yaitu, keuntungan, manfaat dan hak-hak yang berkaitan dengan pemilikan tanah dan bangunan serta peningkatannya yang tidak terpisahkan.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkat sekitar 5% dalam beberapa tahun terakhir ini sangat ditopang oleh pertumbuhan sektor real estate yang meliputi sektor konstruksi yang mencakup sektor real estate. Sektor real estate, khususnya sektor real estate, merupakan indikasi membaiknya situasi ekonomi makro negara. Perkembangan dan bisnis real estate berkembang pesat baik di negara maju maupun negara berkembang. Pada saat yang sama, perkembangan real estate yang berkembang pesat di negara-negara yang mengalami resesi ekonomi dan di negara-negara berkembang seperti Indonesia menunjukkan bahwa perekonomian telah meningkat secara signifikan menuju masa depan yang lebih cerah.

Salah satu investasi real estate yang menarik adalah apartemen yang menjadi tujuan yang sangat diminati, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar. Tentunya karena hunian vertikal ini terlihat sederhana dan memiliki ruang menarik lainnya. Memang, maraknya hunian vertikal di lingkungan perkotaan telah memicu minat masyarakat terhadap hunian di perkotaan, khususnya kaum milenial. Alasan memilih apartemen tidak hanya dilihat dari lokasi yang strategis dan menguntungkan, tetapi juga lebih praktis dan cocok untuk para lajang dan keluarga kecil.

Situasi pasar perumahan mulai membaik hingga tahun 2022 berkat dukungan insentif berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Harga real estate rendah selama pandemi Covid, jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di perumahan. Dengan mengantisipasi potensi lonjakan harga rumah pascapandemi, investor dapat membeli properti untuk menikmati lonjakan tersebut di kemudian hari. Ada banyak alasan untuk berinvestasi di perumahan, alasan utamanya adalah permintaan yang tinggi. Kebutuhan akan hunian yang terus meningkat terutama di kota-kota besar membuat para developer berlomba-lomba untuk membangun hunian vertikal tersebut juga. Letak apartemen yang strategis membuat sebagian orang ingin tinggal di apartemen. Hal ini membuat minat banyak orang untuk menyewa apartemen membuat investasi perumahan semakin menjanjikan. Keunggulan investasi residensial adalah rasio ekuitas yang tinggi (7%-10%). Jika risiko kekosongan apartemen rendah, pendapatan sewa apartemen otomatis mendatar. Kekurangannya adalah jika membeli apartemen di atas tanah yang masih kosong, ada risiko pembangunan akan tertunda.

Cara pertama untuk menemukan apartemen yang bagus untuk berinvestasi adalah dengan memeriksa pengembang real estate yang handal dan pengalaman mereka. Kedua, lokasi apartemen strategis, lokasi yang strategis artinya dekat dengan pusat kota, ruang publik, perkantoran dan universitas. Ketiga, ruang tamu apartemen cukup lengkap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Keempat, legalitas apartemen, dapat meminta notaris untuk mengecek legalitas apartemen yang ingin diinvestasikan. Jangan sampai rugi dengan tidak mengecek kondisi properti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image