Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahlul Sadu

Bubur Bayi untuk Bayi, Tapi Kenapa Bubur Ayam Bukan untuk Ayam? Simak Penjelasannya!

Lainnnya | Monday, 05 Jun 2023, 17:30 WIB

Apakah Anda tim bubur ayam yang diaduk atau tidak diaduk? Apakah Anda tim bubur ayam pakai kacang atau tidak pakai kacang? Bubur sudah menjadi teman baik sebagian besar umat manusia di zaman sekarang, terlebih saat mereka sedang sakit. Di Indonesia, kita bisa menemukan banyak sekali jenis bubur.

Bubur sendiri ternyata sudah ada sejak sebelum masehi. Dilansir dari Bobo.id, bubur sudah ada sejak zaman Kaisar Kuning atau Kaisar Xuanyuan Huangdi. Pada saat itu, kemarau yang panjang menyebabkan terjadinya musim paceklik. Kaisar pun memikirkan bagaimana caranya untuk tetap punya makanan yang cukup untuk rakyatnya, maka saat Ia melihat nasinya yang dicampur sup panas mengembang, kaisar pun meminta juru masaknya untuk memasak beras dengan air yang banyak. Dengan begitu, akan didapat jumlah makanan yang berlimpah.Bubur sudah semakin berkembang dengan beragamnya topping yang ditambahkan sebagai pendamping. Sama halnya dengan bubur ayam. Kiranya bubur ayam dinamakan demikian karena ditambahkan potongan daging ayam saat disajikan. Namun, berbeda halnya dengan bubur bayi. Bubur bayi dinamakan demikian justru karena bahan-bahan yang digunakan baik untuk bayi. Seperti yang dinyatakan oleh Nutriclub.co.id dalam artikel “Resep Bubur Bayi Usia 6 Bulan dan 7 Bulan”, beberapa kacang-kacangan dapat menjadi sumber protein, zat besi, dan biotin. Ubi kuning dapat menjadi sumber karbohidrat, vitamin D, vitamin E, vitamin B dan beta karoten untuk bayi. Serta beberapa bahan lain seperti kentang yang komposisi gizinya lebih baik dari umbi-umbian lain dan daging ayam yang mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi sang bayi.

Jadi, meskipun kelihatannya kedua nama makanan ini memiliki struktur yang sama; kata bubur yang digabungkan dengan nama objek lain. Tapi maknanya sangat berbeda. Nama bubur ayam diberikan pada makanan tersebut karena kita memakannya dengan potongan daging ayam sebagai pendamping dan bisa dimakan siapa saja kecuali bayi yang belum boleh makan makanan pengganti. Sedangkan bubur bayi adalah bubur yang dikhususkan untuk bayi sebagai makanan pengganti ASI ketika bayi memasuki usia enam bulan (Nutriclub.co). Dimana di dalamnya terdapat bahan-bahan bergizi yang mampu mendukung perkembangan si kecil.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image