Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Humas MAN 3 Bantul Ikuti Bimtek Aktivasi Aplikasi SKM dan IPK

Eduaksi | Monday, 05 Jun 2023, 08:21 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) - Rabu 31 Mei 2023, Evi Effrisanti, Wakil Kepala Bidang Humas MAN 3 Bantul mengikuti Bimbingan Teknis Pemasangan Aplikasi Survei Indeks Persepsi Korupsi Dan Survei Kepuasan Masyarakat Berbasis Online yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Bimtek dilaksanakan di aula PLHUT Kankemenag Bantul, diikuti oleh 16 peserta utusan dari satker-satker di bawah Kankemenag Bantul.Bimtek diawali dengan laporan ketua panitia, analis kepegawaian Kemenag Bantul, Isman dengan penyampaian latar belakang penyelenggaraan bimtek. Bimtek Pemasangan Aplikasi SIPK dan SKM online ini dilatarbelakangi kebutuhan Kankemenag Bantul untuk mengumpulkan data IPK dan Kepuasan Masyarakat dari berbagai satker Kemenag di Bantul. Menimbang kepentingan tersebut dipandang perlu setiap satker Kemenag Bantul untuk memasang aplikasi SIPK dan SKM dalam websitenya masing-masing. Aplikasi ini kelak diharapkan dapat menjadi jembatan dengan pengguna layanan.

Kasubag Tata Usaha Kemenag Bantul, Aminuddin yang membuka bimtek mewakili Kakankemenag Bantul menyatakan bahwa data-data IPK dan Kepuasan Masyarakat penting dimiliki untuk meningkatkan nilai/value brand Kemenag Bantul serta satker-satker di bawahnya. Nilai IPK dan SKM yang baik juga menjadi salah satu target pembangunan Zona Integritas. Untuk meningkatkan Kepuasan Masyarakat, Aminuddin juga menyoroti pentingnya setiap satker untuk membangun budaya hospitality (keramahan) dan pelayanan prima termasuk kemampuan SDM-nya dalam melayani komunikasi tatap muka maupun non-tatap muka seperti pelayanan tamu, pelayanan telepon, chat whatsapp dan komunikasi online lainnya. Hasil-hasil SIPK dan SKM, menurut Aminuddin, harus dijadikan cermin bagi setiap satker untuk menakar kualitas diri masing-masing dan sebagai bahan koreksi diri serta perbaikan layanan.

Sesi pertama bimtek diisi oleh Agus Yunianto, Analis Tata Laksana. Agus mengenalkan tampilan, menu dan fitur-fitur dalam aplikasi pengukuran IPK dan Kepuasan Masyarakat yang digunakan oleh Kankemenag Bantul. Aplikasi ini diharapkan agar digunakan oleh satker madrasah dan KUA. Sesi kedua diisi oleh Pengelola IT Kankemenag Bantul, Aris Ginanjar. Aris menyampaikan langkah-langkah pemasangan aplikasi dalam web PTSP masing-masing madrasah.

Setelah selesai mengikuti bimtek, Evi langsung menindaklanjuti hasil bimtek dengan mengkomunikasikannya kepada admin aplikasi PTSP dan tim manajemen MAN 3 Bantul. Menurut Evi, langkah terobosan aplikatif dari Kemenag Bantul ini akan sangat memudahkan madrasah dalam menyajikan nilai IPK (Indeks Persepsi Korupsi) dan IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat).

"Kita tidak perlu lagi melakukan olah data manual menggunakan aplikasi spreadsheet seperti selama ini dilakukan, karena aplikasi dari Kemenag Bantul ini sudah langsung akan memberikan hasil nilai IPK dan IKM," ungkap evi. (eve/sal)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image