Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image kharin athiya

Kopi Sahabat Setia Mahasiswa

Gaya Hidup | Saturday, 03 Jun 2023, 13:18 WIB
Kopi, sahabat para mahasiswa

Mahasiswa adalah kelompok orang yang terkenal memiliki jadwal yang padat. Mulai dari banyaknya organisasi yang mereka ikuti hingga tuntutan akademik yang tinggi. Mereka biasanya terjaga hingga malam untuk menyelesaikan banyak tugas atau menghadapi ujian. Kopi telah menjadi teman setia mereka dalam menghadapi tuntutan duniawi ini. Sebagian mahasiswa sudah mengintegrasikan kopi ke dalam kehidupan mereka.

Banyak mahasiswa memulai hari mereka dengan secangkir kopi. Kafein, salah satu jenis stimulant yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi dan suasana hati seseorang, membuat mereka lebih siap untuk menghadapi tugas dan tantangan yang menanti. Kopi di pagi hari juga dapat meningkatkan fungsi otak dan merangsang sistem saraf, membuat mahasiswa lebih fokus dan konsentrasi selama kelas.

Ketika seseorang meminum kopi pada pagi hari, perlu diperhatikan bahwa reaksi tubuh mereka berbeda-beda. Ketika bertemu dengan kafein, beberapa orang mungkin mengalami gejala seperti kegelisahan, cemas, atau jantung berdebar.

Di sisi lain, beberapa mahasiswa memilih untuk berteman dengan kopi di malam hari. Mereka seringkali terjebak dalam rutinitas belajar atau mengerjakan tugas hingga larut malam. Kopi di malam hari menjadi pilihan mereka supaya tetap fokus dan terjaga semalaman. Meminum kopi di malam hari mempunyai efek yang berbeda ketika meminumnya di pagi hari. Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan stimulant yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Kafein memiliki potensi untuk mengubah siklus tidur alami tubuh, meningkatkan kewaspadaan, dan menahan rasa kantuk.

Tidur yang berkualitas merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Tidak cukup tidur, dapat mengurangi konsentrasi, kejelasan pikiran, dan kemungkinan kelelahan. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa yang memilih untuk berteman dengan kopi di malam hari untuk selalu berhati-hati dan mengonsumsinya dengan bijak dan benar.

Bagi mahasiswa yang memang mempunyai rutinitas meminum kopi, ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk mengurangi efek negatif nya. Minumlah kopi dengan bijak dengan membatasi jumlah kafein yang diminum tiap harinya. U.S. Food and Drug Administration mengatakan bahwa orang dewasa yang sehat sebaiknya meminum tidak lebih dari 400 miligram kafein per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi. Hindari mengonsumsi kopi dekat dengan waktu tidur atau dengan membatasi minum kopi hanya pada pagi hari. Pilih kopi dengan kandungan kafein yang rendah. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga gaya hidup yang sehat seperti mengonsumsi makanan seimbang, berolahraga dengan teratur, dan tidur dengan cukup.

Dengan memahami peran kopi dalam kehidupan mahasiswa, kita dapat mengakui pengaruh minuman ini pada budaya perkuliahan dan membantu mahasiswa menjaga keseimbangan antara konsumsi kopi dan kesehatan mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image