Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KRIS PUSPITA SARI

Apakah Benar Makan Tengah Malam Bisa Bikin Gemuk?

Edukasi | Friday, 02 Jun 2023, 22:56 WIB
Sumber : Bola.com

Banyak orang yang menganggap kalau makan malam khususnya pada tengah malam hari dapat membuat gemuk. Padahal hal tersebut hanyalah mitos belaka, karena bukan aktivitas makan malamnya yang membuat seseorang gemuk, akan tetapi jenis makanan apa yang dikonsumsi dan berapa banyak porsi yang dikonsumsi. Kalau kamu belum yakin, yuk simak penjelasan berikut ini!

Berdasarkan circadian rhythm (ritme sirkadian), fase pencernaan terjadi pada jam 12 hingga jam 8 malam. Waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Sebenarnya makan malam sekitar jam 7 atau 8 bukan hal yang bermasalah, akan tetapi pada jam 8 malam proses penyerapan terjadi. Oleh karena itu, para ahli tidak menyarankan untuk makan terlalu banyak di malam hari. Alasannya karena saluran pencernaan sudah tidak bekerja sebaik di siang hari, sehingga makanan yang kamu konsumsi di malam hari akan disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh, khusunya pada bagian perut (abdominal).

Dilansir melalui situs health, dijelaskan bahwa tubuh akan membakar lemak pada saat tidur. Sehingga ketika kamu makan pada malam hari, glikogen (cadangan glukosa) yang ada dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah. Hal tersebut untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap normal saat tidur. Ketika glikogen habis, hati akan membakar lemak untuk dijadikan energi yang memerlukan waktu cukup lama yaitu sekitar 12 jam. Oleh karena itu, saat kamu makan pada malam hari tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk melakukan proses ini. Dampaknya, glikogen akan diubah menjadi cadangan energi dan disimpan dalam tiga tempat skeletal, liver, dan lemak (sel adiposa). Jika asupan kalori terlalu banyak, maka akan menyebabkan cadangan energi tersimpan di sel adiposa atau lemak bertambah. Hal tersebut yang mengakibatkan kamu rentan mengalami kenaikan berat badan.

Lalu bagaimana kalau kamu benar-benar lapar pada tengah malam hari?. Hal tersebut dapat diatasi dengan makanan yang mengandung tinggi serat dan protein, seperti sayur dan buah-buahan. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat, kalori, dan lemak yang tinggi apalagi makanan yang kurang sehat seperti junk food, karena hal tersebut dapat memicu lemak berlebih dan akibatnya kenaikan berat badan. Tidak hanya itu, aktivitas fisik juga dperlukan agar tubuh tetap dalam kondisi sehat dan ideal.

Kesimpulannya adalah makan tengah malam tidak menjadi masalah, apalagi membuat gemuk. Karena hal yang terpenting adalah kita tahu jenis makanan apa dan berapa banyak porsi yang dikonsumsi. Dalam hal ini, kita harus mengerti tentang batasan kita ketika makan pada malam hari agar tidak rentan mengalami kenaikan berat badan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image