Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ai Siti Mariam

Situ Bagendit 2

Wisata | Friday, 02 Jun 2023, 11:28 WIB

Sore hari ini cuacanya hangat, kulangkahkan kakiku untuk pergi ke tempat yang kiranya dapat menjernihkan mata dan pikiran. Sesampainya di sana, yang menyapaku kali ini bukanlah suara teriakkan anak kecil yang sambil berlarian, bukan juga ramainya orang-orang berseliweran ke sana kemari. Cukup aneh, suasana sepi dan hening menyapaku kali ini setelah aku sampai ditempat yang ku tuju. Hanya burung-burung yang berterbangan dan semilir angin sejuk yang menemaniku di sini. Terus kulangkahkan lebih jauh kakiku untuk mencari kehidupan yang benar-benar hilang layaknya ditelan oleh sang loka. Sampai akhirnya aku menemukan tanda-tanda kehidupan setelah beberapa meter kulangkah kan kakiku. Di sana terdapat seorang ibu dan sekumpulan bapak-bapak yang tengah berjaga.

Sebelum kuhampiri orang-orang di sana, pikiranku mulai berkelana bertanya, mengapa di sini begitu sepi? Sembari terus berjalan dan melihat-lihat keadaan sekitar yang benar-benar sepi tidak ada pengunjung. Dan sepertinya perilaku ku di sana mengundang tanya seorang ibu dan sekumpulan bapak-bapak tersebut, mereka bertanya apakah aku tersesat? Perilaku diriku layaknya orang ling-lung yang tidak tahu arah ucap sekumpulan bapak-bapak di sana, dan hanya ku jawab dengan senyuman sembari menggelengkan kepala sedikit.

Berjalan ke sana kemari ternyata cukup melelahkan, lalu ku hampiri seorang ibu, beliau adalah penjual makanan dan minuman ringan satu-satunya di sana, untuk membeli minum dengan maksud menghilangkan dahaga dan kering tenggorokan. Aku mulai bertanya pada ibu paridah, yah setelah kutanyakan ternyata nama beliau adalah ibu idah paridah, ibu paridah sudah berjualan di sana selama 3 tahun, yang lebih mengejutkan ternyata ibu paridah tidak hanya seorang penjual saja namun juga bisa dikatakan sebagai salah satu pemilik wisata bagendit 2 dan penyedia tempat pemancingan bagi pengunjung. Lalu kutanyakan kepada ibu paridah, kenapa bagendit 2 yang waktu itu ku datangi sangat ramai malah menjadi sepi seperti sekarang? Ibu paridah menjawab dengan tersenyum bahwa yang menjadi alasan Situ Bagendit 2 sepi adalah pengunjung mulai bosan ke bagendit 2 dan lebih memilih untuk pergi berwisata ke Situ Bagendit 1. Sangat disayangkan tempat seindah ini membuat pengunjung kehilangan minat.

Ya, tempat yang ku datangi sore ini adalah Situ Bagendit 2, salah satu dari 3 objek wisata yang ada di banyuresmi, Garut, Jawa barat. Lebih jelasnya lagi, Situ Bagendit 2 merupakan objek wisata alam berupa danau (situ) yang membentang luas, terletak di kp. Jolok, desa Sukaratu, kec. Banyuresmi, kabupaten Garut, Jawa Barat. Dan kebetulan, tempat wisata ini sangat dekat dengan rumahku, hanya menghabiskan waktu 10 menit dengan berjalan untuk sampai.

Situ Bagendit 2 dibuat pada tanggal 17 Agustus 2018, dan mulai beroperasi pada tahun 2019. Didirikan oleh masyarakat sekitar Situ Bagendit 2 dan dibantu oleh pihak desa Sukaratu. Rute ke Situ Bagendit 2 juga cukup mudah. Jika anda datang dari arah Garut kota, anda akan menemukan gapura desa Sukaratu, anda bisa belok kanan. Lalu terus lurus mengikuti jalan, setelah sekitar 7 menit anda sampai di tempat Situ Bagendit 2.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image