Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dio Dharmansyah Saputra

Dimana QRIS Berada, Disitu Bayarnya Mudah

Ekonomi Syariah | Thursday, 01 Jun 2023, 14:00 WIB

QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan pembayaran melalui kode QR di Indonesia. Diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Terdapat InterActive QRIS yang didukung oleh PT. Interactive International dalam menggalakkan cashless society (pembayaran uang digital).

Berbicara mengenai QRIS, tentunya merupakan suatu perkembangan sistem pembayaran, ketika kita dulu melakukan pembayaran secara tunai dan antar bank, dengan menggunakan QRIS, kini kita dapat melakukan pembayaran dari berbagai bank dan nonbank.

QRIS memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran. Terkadang beberapa penjual tidak dapat memberikan kembalian secara sesuai dengan nilai kembalian yang harus penjual berikan, lalu penjual menukarkan nilai uang kembalian kepada pembeli dengan permen. Namun sejak adanya QRIS, ketika pembeli tidak memiliki uang pas untuk membeli suatu barang atau jasa, jumlah uang yang dikirimkan kepada penjual dapat sesuai harganya, tanpa perlu memberikan kembalian dari pihak penjual.

QRIS memudahkan transaksi pembayaran antara penjual dan pembeli ketika memiliki aplikasi pembayaran yang berbeda. QRIS dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) yang berlogo QRIS.

Dio Dharmansyah Saputra, Mahasiswa Akuntansi, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia.

https://www.bi.go.id/QRIS/PublishingImages/default/qris-header.png

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image