Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

8 Penyebab WA GB tidak Dapat Mengirim Pesan

Teknologi | Thursday, 01 Jun 2023, 06:35 WIB

WA GB pun tak luput dari masalah, misalnya tiba-tiba aplikasi tidak bisa digunakan untuk mengirim atau menerima pesan. Beberapa dari Anda mungkin juga pernah mengalami masalah ini. Masalah WA GB tidak bisa mengirim pesan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab paling umum WA GB yang tidak dapat mengirim pesan adalah koneksi internet pada ponsel sangat buruk.

Layanan pesan WA GB bisa diakses jika ponsel terhubung dengan jaringan internet. Kondisi internet yang buruk akan mempengaruhi kinerja WA GB. Anda mungkin tidak dapat menerima dan mengirim pesan WA GB. Namun pada saat-saat tertentu masalah WA GB tidak bisa mengirim pesan tetap terjadi, padahal ponsel sudah terkoneksi dengan jaringan internet yang memadai.

Lantas, kenapa WA GB tidak bisa mengirim pesan padahal jaringannya bagus? Selain faktor jaringan internet yang bisa jadi masalahnya, ternyata masalah pada pengaturan ponsel dan aplikasi WA GB itu sendiri bisa jadi pennyebabnya juga. Jika Anda mengalami masalah WA GB tidak bisa mengirim pesan, coba cari tahu dulu penyebabnya.

Penyebab WA GB Tidak Dapat Mengirim Pesan

1. Jaringan Internet Yang Buruk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab WA GB tidak dapat kirim pesan adalah ponsel tidak terhubung dengan jaringan internet yang memadai. Akibatnya, proses pengiriman dan penerimaan pesan bisa tersendat.

2. Akses Penggunaan Data Di WA GB Dibatasi

Kedua, penyebab WA GB gagal menerima pesan bisa disebabkan karena Anda membatasi data pengguna di aplikasi. Sebagian besar ponsel kini dilengkapi dengan fitur pembatasan penggunaan data untuk aplikasi tertentu. Fitur itu bertujuan untuk menghemat data internet seluler agar tidak terbuang sia-sia pada aplikasi yang kurang penting. Saat fitur ini aktif di aplikasi WA GB, Anda akan kesulitan untuk menerima atau mengirim pesan.

3. Cache WA GB Yang Telah Diperpanjang

Caching atau data sementara dari aplikasi WA GB yang memenuhi memori ponsel bisa menyebabkan sejumlah masalah, termasuk mungkin masalah gagal menerima dan mengirim pesan.

4. Menggunakan Aplikasi WA GB Versi Lama

Versi aplikasi WA GB yang sudah kedaluwarsa biasanya memiliki bug. Jika Anda terus menggunakan aplikasi WA GB versi lama, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah dalam pengoperasiannya.

5. Kontak Diblokir

Penyebab WA GB tidak dapat kirim pesan juga bisa disebabkan karena memblokir kontak pengguna lain. Saat diblokir, Anda tidak akan dapat menerima dan mengirim pesan masuk ke pengguna lain.

6. Belum Menyelesaikan Proses Verifikasi Awal WA GB

Saat menginstal ulang WA GB, biasanya diminta untuk melakukan proses verifikasi. Jika Anda belum menyelesaikan prosesnya, Anda tidak akan bisa mengirim atau bahkan menerima pesan WA GB dari pengguna lain, seperti dilansir laman resmi WA GB.

7. Kontak WA GB Yang Tidak Terdaftar

Selanjutnya, Anda juga tidak akan bisa mengirim pesan ke kontak atau nomor telepon yang belum terdaftar akun WA GB. Jika Anda belum mendaftar, kontak tidak akan terdeteksi di WA GB.

8. Server WA GB Macet

penyebab WA GB gagal menerima pesan bisa muncul di luar faktor pengguna. Masalah tersebut bisa terjadi dari faktor internal developer, salah satunya gangguan pada server aplikasi WA GB itu sendiri. Itulah delapan penyebab WA GB tidak bisa mengirim pesan. Lantas, bagaimana cara mengatasi WA GB yang tidak bisa menerima pesan atau mengirim pesan? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Cara Mengatasi WA GB WA GB Tidak dapat kirim pesan

1. Periksa Jaringan Internet

Cara mengatasi WA GB tidak dapat kirim pesan yang pertama adalah dengan mengecek jaringan internet yang terhubung ke ponsel. Langkah pertama, kamu bisa mengecek apakah ponsel masih memiliki paket data internet. Jika Anda masih memilikinya, tetapi masih belum mengirim pesan, Anda dapat mencoba menyambungkan kembali ponsel Anda ke jaringan internet.

Caranya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat di ponsel Anda untuk mematikan koneksi jaringan internet seluler. Lalu, Tunggu sekitar 30 detik, lalu matikan mode pesawat. Saat terhubung ke jaringan WiFi, Anda dapat mematikan dan mengaktifkan kembali koneksi WiFi di ponsel Anda.

2. Pastikan Izin Akses Penggunaan Data Pada Aplikasi WA GB Sudah Diaktifkan

Cara mengatasi WA GB gagal menerima atau mengirim pesan selanjutnya adalah dengan memastikan izin akses penggunaan data pada aplikasi sudah diaktifkan. Untuk memastikan izin sudah aktif, caranya bisa berbeda-beda untuk setiap ponsel.

Umumnya, opsi izin penggunaan data bisa ditemukan melalui menu pengaturan seluler di ponsel. Kemudian, pada opsi berjudul "Penggunaan Data" atau sejenisnya, Anda dapat melihat dan memastikan izin penggunaan data pada aplikasi WA GB dalam keadaan aktif.

3. Reload Aplikasi WA GB

Cara mengatasi WA GB gagal terima pesan selanjutnya adalah dengan reload aplikasi. Caranya, tutup total aplikasi WA GB, lalu buka kembali. Reload dimaksudkan untuk me-refresh sistem aplikasi agar dapat berjalan dengan lancar.

4. Perbarui Versi Aplikasi WA GB

Lalu, cara mengatasi WA GB gagal menerima pesan adalah dengan memperbarui versi aplikasi. Pembaruan versi aplikasi biasanya membawa perbaikan untuk sejumlah bug, termasuk kemungkinan perbaikan untuk kegagalan menerima dan mengirim pesan. Cara update versi aplikasi instagram bisa dilakukan melalui app store di hp masing-masing, app store atau untuk hp iphone dan google play store atau untuk hp android.

5. Instal Ulang WA GB

Anda juga dapat mencoba menginstal ulang aplikasi WA GB untuk mengatasi masalah ini. Install ulang ini berguna untuk memastikan aplikasi terpasang dengan baik di ponsel. Menginstal ulang juga dapat menghilangkan tumpukan data yang menyebabkan pesan WA GB tidak dapat dikirim. Instal ulang bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi WA GB di ponsel, lalu mengunduhnya kembali melalui toko aplikasi dan menginstalnya.

6. Selesaikan Proses Verifikasi Awal WA GB

Agar WA GB dapat menerima pesan, Anda harus menyelesaikan proses verifikasi awal jika sebelumnya Anda telah menginstal ulang aplikasi. Proses verifikasi awal termasuk memasukkan PIN verifikasi dua langkah dan kode OTP di WA GB.

7. Pastikan Kontak Tidak Diblokir Dan Sudah Terdaftar WA GB

Selanjutnya cara mengatasi masalah ini juga bisa memastikan kontak yang ingin dihubungi tidak diblokir di WA GB. Untuk melakukan ini, klik menu "Pengaturan" di WA GB. Setelah itu, klik opsi “Privasi” dan pilih opsi “Diblokir”. Jika ada kontak yang ingin dihubungi yang tercantum pada daftar blokir di opsi tersebut, silakan pilih opsi "Buka Blokir". Selain itu, pastikan kontak yang ingin dihubungi sudah terdaftar di WA GB.

8. Periksa Pemadaman Server WA GB

Untuk mengecek apakah server WA GB mengalami masalah atau "Server Down", sehingga tidak bisa mengirim pesan, caranya adalah dengan mengakses website https://downdetector.id. Perlu diketahui, situs ini menyediakan layanan pelaporan gangguan server di beberapa platform, salah satunya adalah WA GB. Jika ditemui gangguan server WA GB, tunggu beberapa saat hingga developer berhasil mengatasinya.

Demikian ulasan tentang 8 Penyebab WA GB Tidak Dapat Mengirim Pesan Seperti yang dilansir dari okinmedia.id, semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image