Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image qurrota ayuun

Kemiskinan Turun Bila Pendidikan Anak Bangsa Naik

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 01 Jun 2023, 00:39 WIB
gambar dari AMONG.GURU

Berdasarkan hasil penulusuran yang ada, terlihat adanya korelasi positif antara tingkat Pendidikan dan penanggulangan Kemiskinan. Sebuah penelitian, tentang pengaruh tingkat Pendidikan terhadap kemiskinan di Indonesia ditemukan, bahwa peningkatan kualitas Pendidikan khususnya pada tingkat sekolah dasar, dapat membantu mengurangi kemiskinan. Studi lain mengatakan, bahwa meningkatkan angka partispasi sekolah juga dapat membantu mengurangi kemiskinan.

Kemiskinan dengan Pendidikan memiliki kaitan antar satu sama lain, mengapa demikian? karena Pendidikan memberikan pengetahuan terhadap sesesorang terhadap kemampuan di miliki dalam diri nya untuk berkembang, melalui keterampilan sederhana yang dapat dilakukan dengan cara individual. Apabila seseorang memiliki Pendidikan dia juga pasti memiliki kemampuan dan juga terampil dalam bidang nya masing-masing.Maka dari itu, semakin rendah tingkat Pendidikan maka semakin tinggi pula tingkat Kemiskinan. Semakin tinggi tingkat Pendidikan semakin rendah tingkat Kemiskinan.

Pendidikan juga bisa dikatakan sebagai jembatan masyarakat, untuk memiliki wawasan yang luas tentang problematika apa saja yang terjadi di dalam lingkungan mereka. Wawasan yang telah mereka peroleh dari saat mereka masi duduk di bangku sekolah, Wawasan juga yang membuat mereka mampu untuk bekerja menggunakan keahlian, dan keterampilan yang mereka punya untuk memenuhi semua kebutuhannya, dan Saat mereka sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan, Maka kemiskinan akan sangat mudah diberantas.

Tujuan dari Pendidikan tak lain adalah mencerdaskan anak bangsa, Karena merekalah yang memiliki kendali untuk mengendalikan bangsa ini. Begitu pentingnya Pendidikan yang harus diperoleh setiap anak-anak Bangsa. Karena pendidikan dapat memperkecil factor rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan Pendidikan pula angka kriminalitas, pengangguran akan lebih rendah, Pendidikan juga dapat merubah mindset setiap orang yang berwawasan luas. Seseorang yang berwawasan luas mereka akan sangat bijak dalam bertindak. Karena karakter mereka sudah terbentuk, saat duduk di bangku sekolah.

Ketika semua Orang sudah memiliki wawasan yang luas akan pentingnya Pendidikan, yang mana saat ini Pendidikan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Saat orang-orang berwawasan seperti ini maka angka penganggguran turun. Dan tentunya angka kemiskinan juga semakin turun. Ketika sebuah negara memiliki tingkat kemiskinan dan pengangguran yang rendah. Maka bisa dikatakan Negara itu sebagai Negara Maju.

Namun, perlu dicatat bahwa pengentasan kemiskinan merupakan masalah kompleks yang dipengaruhi oleh banyak factor seperti pertumbuhan ekonomi, kebijakan sosial dan akses terhadap kebutuhan dasar seperti Kesehatan dan Air Bersih. Yang menjadi tugas utama para pemimpin Negeri ini untuk menuntaskan persoalan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image