Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Senna Laverton

Maraknya Penggunaan Batik Sangat Didukung Penuh Oleh Semua Kalangan

Gaya Hidup | Wednesday, 31 May 2023, 21:59 WIB

Batik adalah pakaian khas Indonesia yang melegenda hingga ke penjuru dunia. Batik merupakan pakaian tradisional yang telah dipakai oleh nenek moyang semasa jaman penjajahan. Batik mulai dikenal luas pada masyarakat luar melalui produk yang diimport dan di desain lebih menarik agar dapat menarik minat semua kalangan. Kini batik sudah menjadi tren yang sangat bermafaat sebab pelestarian penggunaan batik harus terus di sosialisasikan. Batik jaman dulu dengan sekarang tentu saja memiliki model yang berbeda. Batik jaman sekarang telah dimodifikasi agar dapat menarik minat generasi muda dalam penggunaannya setiap hari. Meskipun di tiap sekolah telah menerapkan system penggunaan seragam batik, namun penggunaan batik harus terus dikembangkan.

Motif batik parang

Inovasi dari pembuatan batik dengan model modern merupakan inovasi paling cemerlang sebab banyak menarik minat masyarakat. Khususnya telah menarik minat kalangan muda-mudi hingga kini dijadikan tren fashion pakaian yang dipakai setiap hari. Jika dulu batik hanya berupa kain yang dililit pada tubuh, kini batik telah hadir dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari rok kain batik lilit, kemeja, dress, jaket, kaos, jilbab, dan masih banyak lagi inovasi unik dalam pengembangan pemakaian batik. Sejauh ini tren batik yang sering digunakan kalangan muda adalah rok kain batik yang dapat dipakai para wanita maupun pria. Model rok kain batik ini benar-benar modern dan fresh ketika dipakai. Bahkan menambahkan kesan elegan serta mewah ketika digunakan pada hari-hari biasa. Lantas apakah tren batik akan bertahan lama? Atau malah tren ini hanya akan berdampak buruk sebab penggunaannya yang tidak teratur atau secara berturut-turut?

Justru tren ini sangat didukung sebab menimbulkan dampak baik bagi Indonesia. Karena tren memakai kain batik kemudian di upload pada sosial media, dapat menarik daya penasaran masyarakat luar untuk mencoba. Memang benar jika batik dibuat dengan susah payah dan butuh waktu lama dalam pengerjaannya. Tetapi dengan begitu, produksi batik akan terus bertambah dan meningkatkan sumber daya keuangan sang pekerja. Tren berkain batik ini sungguh memancarkan dampak positif bagi sang pengguna maupun sang pemandang. Batik memang harus terus distimulasikan mengikuti perkembangan jaman agar tidak mudah dilupakan begitu saja. Sebab batik adalah salah satu peninggalan ciri khas nenek moyang kita semasa penjajahan.

Dengan adanya tren ini maka batik akan terus mengudara dan mengundang banyak pihak untuk terlibat dalam penggunaannya. Batik harus terus dilestarikan, ini adalah pakaian budaya Indonesia. Sudah seharusnya generasi muda yang ikut peran dalam melestarikan dan meneruskan peninggalan-ppeninggalan agar tak terlupakan apalagi menguap begitu saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image