Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban Ikuti Pelatihan untuk Pahami SOP Kerja

Eduaksi | Tuesday, 30 May 2023, 10:42 WIB

Pelatihan Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban merupakan pelatihan yang penting untuk dilakukan di industri konstruksi terutama pada kegiatan kemigasan. Dalam tugasnya, operator kran mobil bertanggung jawab untuk mengoperasikan kran mobil yang digunakan untuk memindahkan bahan konstruksi yang berat dari satu tempat ke tempat yang lain. Tak hanya itu, mereka juga harus mampu melakukan perawatan dan perbaikan pada kran mobil agar selalu berada dalam kondisi yang baik. Sedangkan juru ikat beban bertugas untuk mengikat beban yang akan diangkat oleh kran mobil, sehingga beban tersebut dapat dipindahkan dengan aman dan tanpa risiko kecelakaan di tempat kerja.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban pada 29 – 30 Mei 2023.

Ikhsan Kholis, salah satu pemateri pelatihan ini menjelaskan mengenai tujuan pelatihan yaitu agar peserta dapat memahami tentang teori praktis operasi ikat beban di kegiatan industri migas sesuai dengan standard operating prosedur.

“Pada pelatihan ini, kami menjelaskan beberapa materi penting seperti berat beban yang meliputi marking berat beban dan data manufacture, cargo manifest serta kalkulasi serta berat jenis yang harus diperhatikan dalam kegiatan operator kran mobil dan juru ikat beban,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa mereka juga harus mengetahui tentang istilah – istilah dalam berat seperti berat kotor(Gross Weight) yaitu berat barang termasuk alat pengepak, berat bersih (Net Weight) yaitu berat barang tanpa alat pengepak atau bahan pengepak serta yang terakhir adalah berat tara (Tare Weight) yaitu berat alat atau bahan pengepak.

Semua materi yang diberikan pada pelatihan ini tentunya akan sangat bermanfaat karena sebagai operator kran mobil dan juru ikat beban, mereka harus memastikan bahwa beban yang diangkat tidak melebihi kapasitas kran mobil dan selalu memperhatikan kondisi cuaca, terutama saat cuaca buruk seperti angin kencang atau hujan deras.

Sebagai tambahan bahwa pelatihan yang dilanjutkan dengan sertifikasi ini ditujukan untuk pekerja dengan minimal pendidikan dan pengalaman kerja yang cukup sebagai Juru Ikat Beban (Rigger).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image