Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image juliannisa arfi

Jajanan Pedas Menjadi Salah Satu Pemicu Terjadinya Jerawat

Gaya Hidup | Monday, 29 May 2023, 19:53 WIB
sumber : Lifestyle - Kompas.com

Cita rasa dari makanan pedas memang menjadi daya Tarik lebih pada era zaman sekarang. Terlebih di kalangan remaja dan anak muda, mereka dominan menyukai jajanan ataupun masakan bercita rasa pedas dan gurih ini. Tak jarang jajanan pedas ini seringkali kita temukan di pinggir jalan, depan sekolah ataupun tempat umum lainnya. Apalagi dengan harga yang murah di kantong para pelajar, menjadi salah satu alasan mengapa mereka juga menyukai Jajanan pedas yang sangat menggunggah selera ini. Namun, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih pasti tidak akan berakhir baik bagi tubuh. Salah satu akibat yang terjadi saat kita mempunyai kebiasaan makan makanan pedas adalah timbulnya jerawat pada kulit.

Jerawat merupakan kondisi pada kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa. Gejala munculnya jerawat adalah komedo hitam hingga jerawat bernanah atau benjolan besar, dan kemerahan.

Bahaya dari kebiasaan makan makanan pedas lainnya adalah :

· Nyeri pedas

Makan makanan pedas juga dapat membuat asam lambung naik bagi yang mempunyai penyakit maag. Dinding lambung akan mengalami iritasi jika kita terlalu banyak mengonsumsi makan makanan pedas.

· Perut mulas

Ini terjadi karena makan makanan pedas dapat mempercepat Gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare.

· Insomnia

Saat kita selesai makan makanan pedas tubuh kita pasti akan berkeringat. Studi yang dipublikasikan dalam The International Journal of Psychology menyebutkan bahwa bahaya makan pedas bisa melukai perut dan mengaktifkan hormon kimia yang bisa membuat kita terjaga di malam hari.

· Mengurangi sensitivitas lidah

Terlalu banyak makan makanan pedas bisa mengurangi sensitivitas lidah dalam mengecap rasa, bahkan bisa membuat sensitivitas lidah berangsur hilang.

Kesimpulannya, makan makanan pedas diperbolehkan jika sesuai porsi. Jangan lupa untuk menyeimbangkan dengan minum air putih yang cukup. Pastikan kita juga mengonsumsi buah dan sayuran agar dapat memberikan asupan nutrisi bagi kulit.

Munculnya jerawat juga bukan timbul karena sering makan makanan pedas saja. Masih banyak faktor lain yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tetapi, tidak mengonsumsi makanan pedas secara berlebih membantu kita untuk lebih cepat membantu penyembuhan jerawat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image