Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Devani Aulia

Voice Assistant : AI Pemuas Kebutuhan Informasi Masyarakat

Teknologi | Monday, 29 May 2023, 09:47 WIB
Sumber gambar : arsip pribadi

Pada awal pandemi Covid-19 lalu, seluruh kegiatan manusia yang biasa dilakukan dengan berinteraksi sosial secara langsung kini berubah haluan dengan berpusatkan pada penggunaan teknologi. Semakin berkembangnya teknologi, maka kebutuhan manusia dalam mengakses informasi juga ikut meningkat.

Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak membutuhkan informasi. Bahkan saat mulai bangun tidur pun, kita tak terlepas dari kebutuhan informasi. Beberapa orang biasanya memerikasa smartphone-nya setelah bangun tidur, apakah ada informasi yang mereka terima dari pesan masuk.

Untungnya, teknologi pada saat ini memberikan kemudahan bagi manusia dalam mengakses informasi yang diinginkan. Sehingga informasi dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Ditambah lagi, belakangan ini telah banyak diperbincangkan oleh masyarakat mengenai maraknya penggunaan Artificial Intelligence (AI) yang sangat membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Artificial Intelligence (AI) merupakan ilmu dan teknik pembuatan mesin cerdas, khususnya pada program komputer cerdas. Hal ini terkait dengan tugas yang sama digunakan pada komputer untuk memahami kecerdasan manusia (John McCharty).

Apakah AI dapat memuaskan kebutuhan informasi masyarakat?

Tanpa informasi manusia akan tertinggal dari suatu era. Teknologi AI dapat membantu manusia dalam mencari berbagai informasi secara cepat dan efisien. Salah satu bentuk AI yang membantu manusia dalam pencarian informasi yakni voice assistant. Voice assistant merupakan sebuah program perangkat lunak yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dapat menafsirkan suara manusia dan menjalankan perintah dengan menggunakan komando suara.

Voice assistant membantu kita dalam menemukan informasi dengan mencari dan membacakan berita, memberi rekomendasi, menemukan lokasi, mengatur jadwal, melakukan panggilan dan sebagainya. Dengan voice assistant kita dapat mencari berbagai informasi walau dalam situasi yang rumit. Misalnya saat kita berkendara dengan mobil dan membutuhkan informasi petunjuk arah. Kita tidak perlu repot lagi untuk mengetiknya di laman pencarian karena kita dapat memerintahkan langsung dengan memberikan komando suara.

Apa saja bentuk voice assistant yang populer digunakan?

  • Google Assistant

Google Assistant merupakan asisten virtual keluaran Google yang didukung oleh kecerdasan buatan. Google Assistant tersedia pada perangkat selular dan perangkat rumah pintar, cukup ucapkan “OK Google” untuk membuat perintah serta dapat melakukan komunikasi dua arah dengan kita.

  • Apple Siri

Apple Siri merupakan keluaran Apple Inc. sehingga hanya tersedia pada perangkat Apple saja. Apple Siri mulai di luncurkan tahun 2011 lalu. Bagi pengguna perangkat Apple, Siri sangat membantu dalam menyelesaikan tugas dengan memberikan komando suara. Kita hanya perlu mengucapkan “Hey, Siri!” untuk memulai percakapan atau membuat perintah.

  • Amazon Alexa

Amazon Alexa merupakan asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Amazon. Alexa tersedia pada perangkat Android maupun iPhone (iOS). Alexa dapat membantu kita mencari informasi, menjawab pertanyaan dan menjalankan perintah. Kita hanya perlu mengucapkan “Alexa” untuk membuat perintah.

Voice Assistant sangatlah membantu kita dalam menumakan informasi di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari. Semua kebutuhan informasi yang kita inginkan dapat disajikan dengan bantuan voice assistant dengan lengkap. Dari apa yang telah dipaparkan di atas, apakah kalian sudah mencoba menggunakan voice assistant?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image