Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurina Karin Azkia

Hari Raya Waisak: Menelusuri Makna di Balik Ribuan Langkah Para Biksu

Agama | Thursday, 25 May 2023, 07:31 WIB
Para biksu sampai di Karawang, Jawa Barat (Sumber: instagram.com/youngbuddhistassociation)

Waisak tahun ini jatuh pada tanggal 4 Juni 2023. Waisak sendiri adalah hari raya umat Buddha, yang mana berarti hari minggu adalah hari dimana umat Buddha merayakan waisak. Perayaan hari raya waisak dilakukan untuk memperingati Trisuci Waisak: kelahiran, penerangan agung, dan kematian Budha Gautama. Perayaan waisak di Indonesia identik dengan ritual suci dan doa bersama yang dilakukan di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Tahun ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan ritual menarik dari para biksu yang akan merayakan hari raya waisak.

Diketahui 32 orang biksu yang berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia melakukan perjalanan jauh dari Thailand sampai Indonesia dengan berjalan kaki. Perjalanan jauh yang dilakukan para biksu ini dikenal dengan nama ritual Thundong yang merupakan salah satu ritual keagamaan Buddha. Ritual Thundong yaitu proses perjalanan religi dengan menempuh jarak ribuan kilometer dengan berjalan kaki. Tujuan pelaksanaan ritual Thundong sendiri adalah untuk membangun rasa persaudaraan dan perdamaian umat manusia di dunia. Pada setiap titik pemberhentian, para umat Buddha atau umat agama lain dapat memberikan bantuan kepada biksu, seperti memberikan makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Perjalan para biksu ini dimulai sejak tanggal 25 Maret 2023, berangkat berjalan kaki dari Nakhon Sri Thammarat, Thailand. Perjalanan dilanjut hingga ke perbatasan Malaysia-Singapura, perjalanan laut ini dilakukan dengan menggunakan kapal laut dan lanjut berjalan kaki lagi hingga mencapai perbatasan Singapura-Indonesia. Setelahnya, para biksu lanjut berjalan kaki sampai ke Batam, Indonesia. Untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta, para biksu tersebut diterbangkan menggunakan pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Diketahui perjalanan para biksu sudah sampai di Tegal

Selain ritual Thundong, proses ibadah, dan doa. Para umat Buddha akan melakukan acara festival lainnya seperti menerbangkan lampion yang juga akan dilaksanakan di Candi Borobudur oleh umat Buddha sebagai simbolis rasa bahagia, syukur serta harapan untuk semua doa agar terwujud.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image