Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ika Amanda Windiadanah

Pemenuhan Kebutuhan dan Kecukupan Gizi pada Tenaga Kerja

Edukasi | Wednesday, 24 May 2023, 20:04 WIB

Gizi Kerja merupakan pemberian gizi yang diterapkan kepada masyarakat pekerja dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan, efisiensi dan produktivitas kerja setinggi-tingginya. Gizi kerja berarti nutrisi yang diperlukan oleh pekerja untuk memenuhi kebutuhan kalori sesuai dengan beban kerjanya, karena setiap tubuh pada manusia memerlukan makanan untuk memelihara tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak dan untuk pertumbuhan. Bahan nutrisi diperoleh dari makanan (energi kimia) yang dibakar oleh oksigen menjadi energi mekanis (aktivitas tubuh) dan panas tubuh.

Kebutuhan gizi pada tenaga kerja harus terpenuhi dan tercukupi, karena pemenuhan kecukupan gizi selama bekerja merupakan salah satu bentuk penerapan syarat keselamatan, dan keselamatan kerja sebagai bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan pekerja. Gizi merupakan salah satu aspek kesehatan kerja yang memiliki peran penting dalam peningkatan produktivitas kerja.

Hal ini perlu menjadi perhatian, terutama pengelola tempat kerja mengingat para pekerja umumnya menghabiskan waktu sekitar 8 jam setiap hari di tempat kerja. Sehingga tidak mengakibatkan rendahnya produktivitas kerja yang dianggap kurang baik akibat kurangnya motivasi kerja, tanpa menyadari faktor lainnya seperti gizi pekerja. Perbaikan dan peningkatan gizi mempunyai makna yang sangat penting dalam upaya mencegah morbiditas, menurunkan angka absensi serta meningkatkan produktivitas kerja.

Produktivitas kerja dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yang mempunyai peranan sangat penting dan menentukan adalah kecukupan gizi. Faktor ini akan menentukan prestasi kerja tenaga kerja karena adanya kecukupan dan penyebar kalori yang seimbang selama bekerja. Seseorang yang berstatus gizi kurang tidak mungkin mampu bekerja dengan hasil yang maksimal karena prestasi kerja dipengaruhi oleh derajat kesehatan seseorang. Tenaga kerja yang sehat akan bekerja lebih giat, produktif, dan teliti sehingga dapat mencegah kecelakaan yang mungkin terjadi dalam bekerja.

Pada dasarnya, gizi kerja menjadi salah satu aspek dari kesehatan kerja yang mempunyai peran penting, baik kesejahteraan maupun dalam rangka meningkatkan disiplin dan produktivitas. Karena pekerja yang melakukan aktivitas berat perlu mengonsumsi makanan sebagai sumber energi yang sepadan dengan pekerjaan yang dilakukannya, semakin berat pekerjaan seseorang semakin besar energi yang diperlukan atau dikonsumsi walaupun zat gizi yang dibutuhkan tubuh manusia banyak macamnya, akan tetapi untuk tenaga kerja jumlah energi lebih banyak berperan karena energi lebih banyak dibutuhkan untuk kerja otot, mengingat nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan produktivitas kerja, maka pihak pengguna tenaga kerja diharapkan selalu memperhatikan pemenuhan nutrisi pekerjanya untuk mendapatkan produktivitas kerja yang baik dan efisien.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image